ilustrasi gambar


MEDAN TOP
 – Ada tips mudah yang bisa dilakukan agar lantai rumah Anda tidak lengket setelah dipel.

Sekadar mengingatkan, bila lantai malah menjadi risih saat diinjak karena lengket, barangkali ada kesalahan saat kamu mengepel lantai. Seperti anda gonta-ganti produk pembersih lantai atau terlalu banyak menggunakan produk itu. Bisa jadi karena setiap jenis lantai memiliki cara pembersihan yang berbeda.

Penyebab tersebut dapat terjadi karena beberapa alasan, baik itu dari segi rumah, untuk mengepel, atau di lingkungan. Berikut alasan yang sering terjadi dan membuat lantai rumah kamu terasa lengket sehabis dipel :

Tertumpah karena Minyak

Terlalu banyak aktivitas didalam rumah setelah di pel

Lantai tidak bersih saat menyapu

Terlalu banyak menggunakan pembersih lantai.

Agar terhindar dari lantai yang masih lengket sesudah dipel, kamu bisa lakukan berbagai cara agar lantai rumah kamu tetap bersih dan mengkilap tanpa noda ataupun lengket.

1. Lakukan Pel dengan Benar

Untuk menjadikan lantai makin bersih, anda mungkin mengepelnya cukup sekali lalu selesai. Tapi ingat jika yang selama ini anda kerjakan dimulai dari kain pel bersih. Terkecuali jika anda mengepel lantai yang kotor dan anda mengepelnya untuk kedua bahkan ketiga kalinya, bisa jadi lantai tidak sebersih kelihatannya.

Pembersih lantai dapat digunakan sebagai lem, mengikat debu halus atau permukaan kotor yang tak bisa dilihat pada tempatnya. Proses pembilasan juga penting dan harus diperhatikan dengan baik.

 

2. Bilas dengan benar

Anda tidak perlu mencuci pel anda dengan menggunakan sampo atau sabun dari tangan anda dengan menambah banyak sabun. Jangan pernah coba mempraktekannya untuk lantai anda di rumah. Setelah selesai dipel, buang air yang berbusa, bilas lagi kain pel, dan lap kembali dengan air bersih. Hasilnya harus hampir bebas kotoran dan bersih. Ulangi lagi proses pembilasan jika anda melihat masih ada yang lengket.

 

3. Air Panas

Teknik ini merupakan paling sederhana dan mudah, sebab tidak perlu mengikuti langkah khusus pengerjaannya. Cukup sediakan air panas lalu siramkan ke permukaan lantai yang terasa lengket setelah dipel. Diamkan beberapa menit sampai air yang berada di lantai menjadi dingin kemudian pel lantai lagi hingga bersih. Air Panas memiliki fungsi untuk mengikis dan melunakkan kotoran yang menempel di lantai.

 

4. Air Soda

Soda yang biasanya dikonsumsi banyak orang untuk diminum ternyata bisa digunakan sebagai penghilang noda lengket pada lantai. Faktanya air soda memiliki kandungan asam dengan kadar tinggi berguna untuk mengangkat kotoran pada lantai.

Sebenarnya, ini sering dijadikan solusi utama oleh blogger dan youtuber yang memberi solusi tentang cara membersihkan rumah beserta tipsnya. Caranya cukup simple, tinggal siramkan air soda ke noda lengket pada lantai lalu diamkan sejenak hingga meresap sempurna. Kemudian Gosok perlahan dengan menggunakan kain pel atau sikat lantai hingga bersih maksimal.

 

5. Larutan Cuka dan Air

Cara yang satu terbilang cukup ribet karena sebelumnya kamu membutuhkan dua bahan ini, yaitu cuka dan air. Campurkan larutan cuka dan air dengan rasio 2:1, lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah semua bahan tercampur, kemudian basahkan kain tersebut dengan larutan cuka yang sudah dicampur lalu gosoklah pada bagian yang lengket hingga hilang. Pel lagi lantai kamu guna menghilangkan bau dari aroma cuka tersebut. (KITAKINI.NEWS)

 

Lebih baru Lebih lama