Ketua DPRD Kota Medan saat berbicara kepada wartawan usai Rapat Banmus, Senin (25/1/2021)

MEDAN TOP – Akhyar Nasution menjabat Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan sejak Oktober 2019 hingga saat ini. Padahal, masa tugasnya akan berakhir sebentar lagi. Karenanya, usulan menjadikan Akhyar Nasution defenitif wali kota digaungkan.

 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Hasyim SE menuturkan Akhyar Nasution akan diusulkan menjadi Wali Kota Medan defenitif. Usulan rencananya akan dibicarakan dalam rapat paripurna pengusulan Akhyar Nasution, Selasa (26/1/2021)

 

"Selasa pagi sidang paripurna untuk pengusulan pelantikan Pak Akhyar menjadi wali kota definitif," ungkapnya usai Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Medan.

 

 

Hasyim bilang, pada Banmus tersebut juga  juga diselipkan perubahan agenda kerja untuk Januari yakni agendanya sidang paripurna pembacaan surat keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri tentang pemberhentian Dzulmi Eldin dari jabatan Wali Kota karena tersangkut persoalan hukum.

 

"Karena telah diberhentikan,  diusulkan Akhyar Nasution sebagai penggantinya," kata Hasyim.

 

Politikus PDIP ini menegaskan pihaknya baru saja menerima surat dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengenai jawaban atas surat dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

 

"Isi suratnya menyatakan Pemko Medan tidak perlu membuat pengusulan, cukup surat Gubernur. Pertama kali ketika kita menerima surat Gubernur, saya minta Ibu Sekwan koordinasi ke Pemko Medan, dan ini jawabannya. Makanya kita agendakan sidang paripurna pengusulan pelantikannya," tegas dia.

 

Mengingat masa jabatan Akhyar Nasution yang hanya sampai 17 Februari 2021, dia tidak tahu apakah masih sempat dilakukan pelantikan.

 

"Kita hanya mengusulkan, untuk SK nya kan ada di Mendagri, hasil paripurna besok kita usulan ke Mendagri melalui Gubernur," bebernya.

 

Wakil Ketua DPRD Medan, Rajudin Sagala mengaku heran dengan lambatnya proses ini. "Kita heran saja, padahal surat dari Gubernur sudah disampaikan, " ucap dia.

 

Rajudin sangat berharap proses pendefinitifan Ir Akhyar Nasution bisa segera dilakukan karena tidak ada lagi masalah.  Dengan begitu pemerintahan kota Medan bisa berjalan lebih  baik. "Kan tidak ada masalah, semuanya sudah clear, jadi kenapa harus ada proses yang lama, ini yang membuat kita heran, " tandasnya. (RED04)

Lebih baru Lebih lama