![]() |
Danau Toba salah satu destinasi super prioritas menteri pariwisata. |
MEDAN TOP – Menteri
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyoroti
program lima destinasi super prioritas
sebagai fokus pokok 2021.
Yaitu Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan
keunikan wisata komodo di Taman Nasional Komodo serta Pink Beach. Kemudian
Mandalika Nusa Tenggara Barat yang menyuguhkan keindahan pantai alami dengan
berselancar seperti Pantai Gerupuk, Pantai Kuta, Pantai Seger, atau Tanjung
Aan.
Destinasi selanjutnya, Danau Toba Sumatera Utara, merupakan
keajaiban dunia yang menakjubkan, danau kawah ini ini begitu besar dan di
tengah danau ini ada sebuah pulau yang ukurannya hampir sebesar Singapura.
Likupang Sulawesi Utara merupakan daerah yang sedang dipersiapkan untuk menjadi
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Serta Borobudur Jawa Tengah, yang merupakan
salah satu warisan budaya dunia UNESCO.
"Misi utama Kemenparekraf dari Bapak Presiden Joko
Widodo adalah untuk membereskan pengembangan 5 destinasi super prioritas. Saya
sungguh bersemangat dalam mengembangkan berbagai ide kreatif dengan dukungan
kolaborasi dari para pemangku kepentingan industri pariwisata seperti
tiket.com, sehingga misi ini dapat segera terwujud," kata Sandiaga saat
berbincang dalam Penayangan perdana tiketLIVE di perayaan ke-10, tiket.com,
Senin (25/1/2021) kemarin.
Dalam diskusi tersebut, Sandiaga Uno berpesan mengenai pentingnya penerapan
protokol kesehatan, walaupun pemerintah tengah menggencarkan proses vaksinasi
berskala nasional. "Tidak hanya ketika tengah berlibur, tetapi dalam
melakukan kegiatan sehari-hari. Selain mendukung pemulihan industri pariwisata
dengan mengunjungi destinasi yang aman dikunjungi, tetapi menjadikan protokol
kesehatan sebagai bagian dari gaya hidup pun adalah salah satu upaya mendukung
pemulihan perekonomian Indonesia,” jelasnya.
![]() |
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga S. Uno, saat diskusi dalam siaran tiketLIVE di studio tiket.com, Senin (25/1/2021) kemarin. |
Sementara CEO, tiket.com, George Hendrata, mengatakan,
kemitraan berkelanjutan merupakan solusi kunci dalam mendorong pemulihan
industri pariwisata Indonesia. Kolaborasi strategis antara tiket.com dan
Kemenparekraf pastinya akan membawa dampak positif bagi para pencari nafkah di
dalam industri pariwisata.
"Berbagai peran yang dijalankan oleh tiket.com, yang
tidak hanya menjadi pionir platform OTA di Indonesia, tetapi juga jendela
informasi bagi wisatawan lokal maupun internasional yang ingin menjelajahi
Indonesia, akan semakin membuka peluang percepatan pemulihan industri
pariwisata. Kami optimis akan pemulihan menyeluruh sepanjang tahun 2021,”
katanya.
Ditambahkan Co-Founder dan Chief Marketing Officer
tiket.com, Gaery Undarsa, sejak tahun lalu, tiket.com telah mempersiapkan diri
untuk menjadi yang pertama dalam mendukung pemerintah untuk mengakselerasi
pemulihan industri pariwisata Indonesia. Terutama bagi para pekerja di sektor
formal serta informal.
Itulah sebabnya, kata Gaery, tahun 2021 menjadi tahun
realisasi berbagai macam rencana kerja sembari terus memanfaatkan setiap
kesempatan untuk mengajak disiplin praktek protokol kesehatan.
"Kembali kami mempertegas komitmen untuk mendukung pemulihan pariwisata nasional. Kami siap mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk gercep, geber, dan gaspol dengan jajaran kegiatan dan program menarik guna mendukung kampanye InDonesia Care – dalam mempromosikan desa wisata dan wisata minat khusus, serta khususnya membantu menyoroti 5 destinasi super prioritas,” tandasnya. (RED04)