Presiden Jokowi saat menerima suntikan vaksinasi Covid-19 dosis 2, Rabu (27/1/2021).

MEDAN TOP – Setelah sebelumnya mendapatkan suntikan vasinasi Covid-19, Rabu (13/1/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima vaksinasi Covid-19 dosis ke-2 di Istana Kepresidenan, Rabu (27/1/2021).

 

Untuk diketahui, setiap penerima vaksin Covid-19 harus menerima suntikan 2x. Penerima vaksin Covid-19 harus mematuhi jadwal yang sudah ditetapkan. Kenyataan ini diungkap dr Reisa dalam channel Sekretariat Presiden, siaran langsung Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua, Rabu (27/1/2021).

 

Kata dia, Jadwal vaksinasi Covid-19 harus dipatuhi. Pasalnya, suntik vaksin Covid-19 Sinovac ini berkaitan dengan pembentukan antibodi dan mutasi virus corona.

 

Sebelumnya, peneliti vaksin dari Icahn School of Medicine di New York dalam sebuah konferensi pers Science Media Center (SMC) menjelaskan pemberian vaksin Covid-19 dosis kedua harus tepat waktu. Dengan pemberian yang lebih lambat dikhawatirkan bisa memicu lebih banyak mutasi virus. Terdapat kemungkinan, perubahan skema pemberian dosis kedua vaksin virus corona semacam itu akan mempertinggi laju mutasi virus.

 

Vaksinasi Covid-19 harus dilakukan sebanyak dua kali, lantaran  penyuntikan vaksin Covid-19 yang pertama, jumlah antibodi yang menetralkan virus masih rendah. Jika tidak dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19 yang kedua, bisa memicu infeksi tanpa gejala atau asimptomatik. Walhasil, ada kemungkinan munculnya varian Covid-19 yang mengalami mutasi yang lebih resisten terhadap antibodi yang baru terbentuk.

 

"Sebesar apa resikonya, sangat sulit diprediksi, tapi kemungkinannya relatif tinggi. Terutama jika pada kasus tingginya infeksi pada masyarakat, seperti yang terjadi di Inggris,” ungkap dia.

 

Varian virus baru ini akan jadi masalah global. Juga akan jadi masalah pada banyak kandidat vaksin yang saat ini sedang diteliti. Kepada gubernur, wali kota dan pejabat pemerintahan yang telah mendapatkan suntikan vaksinasi dosis pertama, diminta untuk bersiap menerima vaksinasi dosis kedua tepat waktu.

 

Agar vaksinasi tepat waktu, dijadwalkan, Kamis (28/1/2021), vaksinasi dosis kedua dilakukan kepada Gubernur Sumut dan Forkompinda di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan. (RED04)

 

Lebih baru Lebih lama