Frank Lampard saat menjadi pelatih Chelsea.


MEDAN TOP - Frank Lampard resmi dipecat sebagai manajer Chelsea per Senin (25/1/2021). Terhitung, sang legenda melatih The Blues sejak musim 2019/20.

 

Dilansir lama BBC, Frank Lampard ditunjuk sebagai manajer Chelsea pada Juli 2019. Banyak yang bertanya-tanya apakah ini bukti serangan sentimental baru dan yang sebelumnya tidak terdeteksi pada pemilik klub yang kejam, Roman Abramovich.

 

Lampard, yang menggantikan Maurizio Sarri yang tidak dicintai, meninggalkan pola tradisional Abramovich dalam mempekerjakan manajer yang berpengalaman, atau setidaknya sangat sukses.

 

“Ini adalah penunjukan seseorang dengan potensi mentah yang kebetulan menjadi legenda Chelsea sebagai pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa, dengan penghitungan 211, disertai dengan 11 trofi utama,” ucap editor olahraga BBC, Phil McNulty, Selasa (26/1/2021).

 

Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho buka suara terkait pemecatan ini. Menurutnya, pemecatan Lampard adalah contoh dari kejamnya dunia sepak bola modern. Ini adalah sisi brutal dari sepak bola, terutama sepak bola modern," tutur pria asal Portugal itu seperti dikutip dari Standard.

 

"Jadi, ketika kamu menjadi pelatih, kamu tahu bahwa cepat atau lambat itu (pemecatan) akan terjadi," kata Mourinho.

 

Kabarnya, hubungan Lampard dan direksi Chelsea memanas belakangan ini. Sebagai pengganti, Marina sudah menyiapkan mantan pelatih Paris Saint Germain (PSG), Thomas Tuchel.

 

Masalahnya, tiga pemain utama yang dibidik Lampard ogah diwujudkan Marina. Mereka adalah Pierre-Emerick Aubameyang hingga akhirnya sang penyerang meneken kontrak baru di Arsenl, gelandang West Ham United,  Declan Rice, dan bek Burnley, James Tarkowski. Lampard mendatangkan Kai Havertz, Timo Werner, Hakim Ziyech, dan Ben Chilwell.

 

Selain itu, Marina juga memblok upaya Lampard untuk menjual kiper Kepa Arrizabalaga.

 

Musim lalu, Lampard mampu antar Chelsea finis di empat besar klasemen akhir Liga Primer Inggris. Pencapaian yang tergolong impresif dalam musim debut eks pelatih Derby County itu di tengah embargo transfer.

 

Klub asal London Barat tersebut tiga kali kalah dalam lima laga terkini di EPL. Kini, Chelsea berada di urutan kesembilan klasemen sementara dengan koleksi 29 poin. (RED04)

 

Lebih baru Lebih lama