Ilustrasi gigi bersih. (Foto: Istimewa)

MEDAN TOP - Karang gigi adalah plak yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Plak ini terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan. Karang gigi dapat memicu bau mulut, radang gusi, serta gigi tanggal atau rusak. Anda tentu tidak mau terganggu dengan masalah gigi akibat kehadiran karang gigi. Berikut tips agar terhindar dari karang gigi.

1.Sikat Gigi       

Anda sudah tahu karang gigi muncul akibat tumpukan makanan yang tidak dibersihkan. Maka, pencegahannya ialah mengurangi terjadinya penumpukan sisa makanan pada gigi. Cara termudah ialah menyikat gigi secara rutin, minimal 2 kali sehari.

Penyikatan gigi yang benar dapat mencegah menempelnya sisa makanan. Gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride dan sikat gigi berbulu lembut agar tidak menyebabkan iritasi pada gusi dan mulut.

2.Pakai Benang Gigi

Sikat gigi saja kadang tidak cukup. Anda memerlukan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip pada sela-sela gigi. Anda dapat menggunakannya minimal satu kali sekali dalam sehari.

Atau, pakai benang gigi setiap kali Anda habis makan dan ada sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi. Benang gigi biasanya lebih efektif ketimbang tusuk gigi.

3.Gunakan Obat Kumur

Meski beberapa dokter gigi menyebutkan obat kumur dapat membuat gigi menguning, Anda dapat menggunakannya sesekali untuk membasmi bakteri pemicu karang gigi. Pakai obat kumur yang tidak mengandung alkohol agar tidak iritasi.

Anda juga bisa memilih obat kumur dengan kandungan minyak esensial lembut agar kesehatan mulut dan gusi terjaga.

4.Seleksi Makanan dan Minuman

Karang gigi juga bisa muncul karena konsumsi makanan dan minuman manis berlebihan. Bakteri penyebab karang gigi berkembang cepat pada permen, cokelat, serta makanan dan minuman manis lain.

Solusinya adalah seleksi asupan makanan dan minuman Anda. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Perbanyak buah dan sayur karena seratnya dapat membantu mengurangi plak. Kemudian pastikan Anda mengonsumsi air putih dengan cukup. Air putih berperan mengangkat bakteri dan kotoran penyebab karang gigi.

Tidak percaya? Silakan membuktikannya sendiri. (KITAKININEWS/ RED03)

Lebih baru Lebih lama