Aneka jenis pisau. (foto : grid)


MEDAN TOP - Pisau tidak sekedar alat potong. Karena ada banyak jenis pisau dapur yang memiliki fungsi berbeda. Agar Anda tidak salah pakai, inilah 6 jenis pisau dapur yang harus Anda ketahui perbedaan fungsinya.

Chef's Knife. (foto : hand over)


Pisau Serba Guna - Chef's Knife

Pisau ini bisa memotong berbagai bahan, hampir semua bahan masakan atau makanan dapat dipotong dengan pisau ini. Karena itu, banyak wanita lebih suka memiliki satu pisau serba guna ini ketimbang satu set pisau yang kegunaannya cukup membingungkan. Pisau ini paling baik digunakan mengiris bahan makanan, mememarkan bawang putih atau merica.

Cleaver Knife. (foto : hand over)


Pisau Besar - Cleaver Knife

Pisau dengan penampang yang sangat besar ini sering dipakai juru masak China, sehingga nama lainnya adalah Chinese Chef's Knife. Paling baik dipakai untuk membelah atau memotong tulang ayam. Bisa juga digunakan menyincang daging, memotong sayur, mengiris atau mememarkan jahe dan bawang putih. Karena beratnya lumayan, pisau ini lebih sering dipakai memotong ayam.

Serrated Knife. (foto : hand over)


Pisau Roti - Serrated Knife

Seperti namanya, pisau ini digunakan untuk mengiris kue atau roti. Cirinya adalah bagian bawah yang berbentuk gerigi tipis. Tekstur tersebut dirancang agar hasil potongan roti atau cake lebih halus dan lembut. Pisau ini bisa juga dipakai untuk memotong sayur dengan tekstur kulit luar yang licin, misalnya tomat, terong, atau mentimun.

Boning Knife. (foto : hand over)


Pisau Fillet - Boning Knife

Bentuk pisau ini memanjang dengan bentuk yang lebih ramping dibandingkan pisau serba bisa. Fungsi utamanya adalah memisahkan daging ayam dari tulangnya, membuat irisan yang sangat tipis pada daging, memisahkan ikan dari tulangnya, juga membuang urat atau lemak.

Paring Knife. (foto : hand over)


Pisau Ukir - Paring Knife

Pisau ini biasanya memiliki ukuran kecil. Bentuknya lebih pendek dengan lekuk melengkung. Sesuai namanya, pisau ukir dipakai untuk mengukir buah dan sayuran. Bentuknya yang kecil membuat pemakainya bisa fleksibel mengukir berbagai bentuk buah atau sayur sebagai hiasan masakan.

Slicing Knife. (foto : hand over)


Pisau Iris - Slicing Knife

Pisau ini hampir mirip pisau serba guna, tetapi bentuknya lebih sempit dan tipis. Gunanya adalah mengiris kulit buah hingga setipis mungkin. Bentuknya yang tipis sering membuat pisau ini digunakan sebagai pisau untuk mengiris daging asap, daging ayam atau sapi agar irisannya lebih rata dan rapi. (RED04)

Lebih baru Lebih lama