Memasak menjadi hobi sebagian orang selama pandemi Covid-19. (Foto: Istimewa)

MEDAN TOP - Melakukan hobi merupakan salah satu aktivitas yang populer dilakukan warga untuk mengisi waktu kosong selama masa pandemi. Dirilis dari penelitian Universitas Indonesia (UI), dari sekian banyaknya hobi, beberapa jenis hobi ini menjadi populer saat masa pandemi.

Menurut Peneliti dari UI, Devie Rahmawati, ia menjelaskan bahwa penelitian tersebut dilakukan dengan mengobservasi aktivitas masyarakat di Twitter. Devie mengatakan, dia menggunakan radar inventory, dimana merupakan salah satu alat pemindai percakapan sosial di dunia digital. Dia mengaku setiap bulan mengamati sekitar 140 juta tweet berbahasa indonesia.

Selama penelitian yang dilakukan selama 8 bulan, yakni sejak bulan Maret hingga November 2020, Devie menyatakan, pihaknya menemukan sejumlah aktivitas hobi baru yang tergolong unik. Berikut beberapa hobi terpopuler yang digandrungi masyarakat selama pandemi berikut ini.

1.Punya Hewan Peliharaan

Devie menyebutkan, beberapa jenis aktivitas hobi yang tergolong menarik ialah memiliki dan menghabiskan waktu bersama tanaman dan hewan peliharaan baru. Seperti tanaman monstera, kucing atau ikan cupang.

2.Mendekorasi Rumah

Sebagian bsesar orang mendekorasikan rumah menjadi tempat kegiatan masyarakat selama PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Berlangsung. Oleh sebab itu, muncul ide kebutuhan baru untuk menata ulang rumah agar menjadi nyaman untuk dijadikan sebagai tempat sekolah atau kantor.

Jadi, mendekorasi rumah merupakan salah satu hobi baru saat pandemi. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, seperti mengecat dinding rumah, menata rak, dan menata ulang penempatan perabotan rumah.

3.Olahraga

Sejak diberlakukan PSBB, beberapa kegiatan baru, seperti olahraga termasuk hobi yang populer. Salah satu jenis olahraga yang banyak dilakukan masyarakat ialah bersepeda. Sebab, masyarakat yang tidak bisa pergi ke pusat olahraga saat pandemi, bisa memiliki beberapa peralatan gym di rumah. Ada beberapa jenis olahraga baru yang bisa dilakukan di rumah, seperti yoga atau senam.

4.Memasak

Belakangan ini, media sosial diramaikan dengan bermacam tutorial memasak atau membuat kue buatan sendiri. Hal ini membuktikan bahwa memasak dan membuat kue banyak dilakukan masyarakat sebagai hobi baru. Bahkan, tidak sedikit orang memanfaatkan hobi ini sebagai dijadikan bisnis rumahan untuk mendapatkan sumber pendapatan baru.

5.Menonton Film

Belakangan ini, media sosial diramaikan dengan bermacam tutorial memasak atau membuat kue buatan sendiri. Hal ini membuktikan bahwa memasak dan membuat kue banyak dilakukan masyarakat sebagai hobi baru. Bahkan, tidak sedikit orang memanfaatkan hobi ini sebagai dijadikan bisnis rumahan untuk mendapatkan sumber pendapatan baru.

6.Berkebun

Selain memelihara, Beberapa tanaman hias yang populer banyak dijumpai lewat media sosial, seperti tanaman kaktus, monstera, atau lidah mertua. Berkebun tampaknya menjadi salah satu hobi baru yang dilakukan orang untuk mengisi waktu luang dan kebosanan akibat pandemi.

7.Membaca Buku

Sudah dari dulu, membaca buku merupakan hobi yang paling diminati banyak orang, bahkan saat pandemi berlangsung. Banyaknya jenis buku yang digemari pembaca, mulai dari novel, fiksi, romansa, hingga misteri. Adapun pilihan buku yang dapat dibaca, mulai dari e-Book, buku cetak, dan buku audio.

Bagi para pecinta buku, Gramedia menggelar acar Online Book Fair dengan diskon besar-besaran sampai 90% untuk berbagai jenis buku dan novel terbaik pilihan mereka. Acara ini diselenggarakan sebagai rangka perayaan ulang tahun Gramedia ke-51. (KITAKININEWS/ RED03)

 

 

 

 

 

Lebih baru Lebih lama