Tanaman pengencer darah yang mudah dicari. (Foto: Istimewa)

MEDAN TOP - Sesuai fungsinya, tanaman pengencer darah alami dapat mencegah terjadinya pengentalan darah. Pengentalan darah bisa terjadi pada lengan, kaki, jantung, otak, paru-paru, hingga ginjal. Pengentalan darah, secara alami diperlukan oleh tubuh untuk mencegah pendarahan saat seseorang mengalami cedera atau luka.

Namun, pengentalan darah yang tidak terkendali bisa berbahaya buat tubuh anda karena menghambat aliran darah ke sejumlah organ tubuh. Dilansir laman National Clood Clot Alliance, dokter biasanya menganjurkan penderita ini untuk meminum obat pengentalan darah secara rutin.

Tidak hanya minum obat saja, penderita juga perlu menyeimbangkan pola hidupnya dengan disiplin menjaga pola makan sehat dan seimbang. Beberapa bahan makanan ini sering digunakan sebagai obat pengencer darah alami untuk mencegah resiko komplikasi pengentalan darah. Apa sajakah itu?

1.Kunyit

Dikutip laman dari Medical News Today, dibalik cita rasanya yang kuat, rempah dengan bahan aktif curcumin ini mengandung zat pengencer darah alami serta anti peradangan. Adapun penelitian pada tahun 2012 menunjukkan, orang yang setiap hari mengonsumsi kunyit secara rutin terbukti pengentalan darahnya dapat dikontrol.

2.Jahe

Jahe juga termasuk sebagai obat pengencer darah alami. Jahe mengandung asam salisilat yang dapat mencegah pengentalan darah. Untuk mendapatkan efek dari salisilat alami, konsumsilah jahe segar atau kering secara rutin.
Sebuah penelitian menemukan, sifat salisilat alami yang terdapat dalam jahe lebih manjur daripada obat pengencer darah biasa.

3.Cabai Rawit

Tak hanya kunyit, cabai rawit juga termasuk salah satu obat alami guna mengencerkan darah. Sama seperti jahe, cabai rawit juga mengandung salisilat. Namun, tidak semua orang suka memakan cabai rawit.

Sebab, sebagian orang tidak tahan mengonsumsi cabai rawit, jadi mereka menggunakannya sangat sedikit. Selain bisa dijadikan obat pengencer darah, cabai rawit juga bisa melancarkan perdaran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi rasa sakit.

4.Makanan yang Mengandung Vitamin E

Vitamin E pada makanan juga bisa dijadikan obat pengencer darah alami. Banyak makanan yang mengandung Vitamin E, seperti kacang almond, biji-bijian, minyak biji gandum, minyak bunga matahari, dan biji bunga matahari.

5.Bawang Putih

Selain dijadikan bumbu masakan, bawang putih bisa mengurangi pembentukan pengentalan darah karena antitrombotik didalamnya. Beberapa penelitian menyebutkan, bawang putih dapat mengencerkan darah walaupun efeknya relatif kecil dan berlangsung cepat. Selain dijadikan pengencer darah alami, bawang putih mengandung antibiotik alami didalamnya.

6.Ekstrak Biji Anggur

Ekstrak pada Biji anggur bisa dijadikan obat alami. Bahan alami ini memiliki potensi untuk mengatasi pengentalan darah. Selain itu, ekstrak biji anggur juga kaya antioksidan sehingga bisa melindungi pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi.

7.Nanas

Selain rasanya manis dan asam, nanas termasuk buah pengencer darah alami. Sebuah studi menemukan, enzim bromelain yang terkandung dalam nanas berpotensi untuk memecah gumpalan darah, mencegah peradangan dan pengentalan darah. (KITAKININEWS/ RED03)

 

 

Lebih baru Lebih lama