Ilustrasi buah dan sayuran. (foto : pixabay)


MEDAN TOP
 - Makanan yang 'membahagiakan' identik dengan makanan tidak sehat seperti cake, gorengan, atau  minuman manis. Tapi jangan salah! Ternyata, makanan yang sehat juga membuat kita bahagia setelah mengonsumsinya.

Nutrifood Research Center melansir, sebuah penelitian terhadap 1.044 subjek menunjukkan bahwa konsumsi sayuran justru memberikan rasa bahagia yang paling tinggi setelah makan. Makanan manis, produk olahan susu, dan roti secara berurutan menempati peringkat berikutnya dalam hal makanan “membahagiakan' setelah sayuran.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat kebahagiaan yang timbul setelah mengonsumsi buah dan sayur ternyata setara dengan tingkat kebahagiaan yang timbul setelah mengonsumsi makanan manis.

Pemilihan makanan sehat seperti buah dan sayur tidak hanya menyehatkan tubuh tapi juga menyehatkan 'hati' kita. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan konsumsi 2-3 saji buah dan 3-4 saji sayur setiap hari. Jadi, mari perbanyak buah dan sayur untuk tubuh sehat dan hati yang bahagia!

Makanan Sehat Ini Aktifkan Hormon Bahagia

Selain buah dan sayuran, ada beberapa jenis makanan tetap sehat dikonsumsi dan dapat mengaktifkan hormon bahagia. Dilansir Newsmaxhealth.com, inilah makanan yang bisa dipilih rekomendasi Charles Platkin, M.D:

Sup. (foto : pixabay)

Sup

Sup adalah salah satu makanan yang bisa membuat nyaman. Mengonsumsi sup tidak akan memberi asupan kalori atau lemak yang tinggi. Selain itu, sup seringkali membuat seseorang teringat akan masa kecilnya. Masa kecil yang ceria dan membahagiakan.

Popcorn. (foto : pixabay)

Popcorn

Biji-bijian dapat meningkatkan pasokan hormon bahagia. Pop corn adalah salah satu biji-bijian terbaik yang bisa Anda pilih. Pastikan Anda mengonsumsi popcorn tanpa tambahan mentega.

Pasta. (foto : pixabay)

Pasta Gandum

Gandum membuat rasa kenyang lebih lama. Anda bisa membuat spaghetti atau olahan pasta lainnya. Akan lebih baik jika pasta yang Anda sajikan dihidangkan dengan tambahan sayuran.


Telur. (foto : pixabay)

Telur

Tidak mood saat pagi hari? Buat saja omelet telur untuk menu sarapan. Asam amino yang terkandung dalam telur membuat adrenalin terpacu, sekaligus membuat rasa kenyang lebih lama.

Kacang tanah. (foto : pixabay)

Kacang

Kacang adalah pembangkit mood yang baik. Meskipun rasanya enak, pastikan Anda tidak makan kacang berlebihan, karena kalorinya juga besar.

Ayam. (foto : pixabay)


Ayam Tanpa Kulit

Ayam mengandung protein sehat yang mengandung asam amino. Mengonsumsi ayam panggang tanpa kulit akan memberikan dorongan bahagia. (RED04)

 

 


Lebih baru Lebih lama