Pembukaan Diklat 3 in 1 Serentak pada Industri Pengolahan Sawit dan Industri Pengolahan Makanan secara virtual, Rabu (17/2/2021). (foto : istimewa)


MEDAN TOP – Balai Diklat Industri (BDI) Medan menyiapkan tenaga kerja industri yang kompeten. Dengan membuka Diklat 3 in 1 Serentak pada Industri Pengolahan Sawit dan Industri Pengolahan Makanan secara virtual, Rabu (17/2/2021).

Kepala Balai Diklat Industri Medan Indra Amin mengatakan, pendidikan dan pelatihan dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi melalui tenaga kerja yang kompeten. Khususnya di bidang industri pengolahan sawit dan makanan.

Ia mengatakan, pelatihan akan dilakukan selama dua minggu dan diikuti 706 peserta. Terdapat 400 peserta pada bidang industri pengolahan makanan dan 306 peserta pada industri pengolahan sawit.

"Peserta yang ikut ini adalah peserta minimal tamatan SMA sederajat yang belum bekerja. Jadi mereka dididik dan dilatih untuk ditempatkan di perusahaan-perusahaan yang sudah bekerjasama sama," jelasnya.

Nantinya, setelah diklat tersebut selesai, para peserta akan mendapatkan sertifikat dari Badan Sertifikat Nasional Profesional (BNSP).

Indra menjelaskan, peserta yang mengikuti diklat bekerjasama dengan Pemprov Riau sebanyak 100 orang, Pemkab Aceh Utara sebanyak  100 orang, kerja sama dengan Pemkab Serdang Bedagai 50 orang.

Sementara itu kerjasama dengan Pemkab Bengkalis 50 orang, kerjasama dengan Pemkab Bungo 50 orang, kerja sama dengan Pemkab Langkat 100 orang.

Kerjasama dengan PT Sawit Riau Makmur 56 orang, kerjasama dengan PT AMP plantation 50 orang, kerjasama dengan  PTPN V  50 orang, kerjasama dengan PT STAR 50 orang dan kerjasama dengan PT Siantar TOP Tbk 50 orang.

"Kami sampaikan juga, bahwa sebanyak 3 angkatan telah ditutup pelaksanaannya hari Minggu dan Senin yang lalu tanggal 14 dan 15 Februari 2021 di Rokan Hilir Riau dan Kota Pekanbaru dengan jumlah peserta sebanyak 156 orang," tukasnya. (RED04)

Lebih baru Lebih lama