Ilustrasi periksa diabetes. (foto : pixabay)

MEDAN TOP - Diabetes merupakan penyakit serius yang tidak dapat disembuhkan. Namun dengan mengetahui gejala-gejala diabetes, kita bisa mengantisipasi agar tidak menyebabkan komplikasi.

Penyakit kronis yang juga dikenal dengan nama kencing manis atau sakit gula, yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula darah. Menurut Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita diabetes adalah kondisi komplikasi diabetes.

Karena komplikasi pada penderita diabetes dapat menyebabkan pendeknya rentang hidup. Termasuk keterbatasan diri, serta meningkatnya beban ekonomi bagi pasien dan keluarganya. Sehingga sangat mempengaruhi terhadap penurunan kualitas hidup penderita bila tidak diatasi dengan baik.

“Sayangnya, berdasarkan sebuah penelitian terhadap 907 orang pasien diabetes di Indonesia (dari rumah sakit di daerah Jawa dan Sulawesi), 70% pasien dilaporkan menderita komplikasi diabetes. Makanya, dengan mengetahui tanda awal diabetes, komplikasi bisa dihindari,” ucap dia.

Beberapa gejala yang sering terjadi diantaranya:

Sering Merasa Haus

Ini terjadi dikarenakan semakin banyak gula yang ada dalam tubuh. Ginjal akan secara otomatis berusaha mengeluarkannya.  Semakin banyak kencing, maka tubuh akan semakin kurang cairan dan timbul respon haus, sehingga penderita diabetes mellitus jadi sering merasa haus.

Sering Merasa Lapar

Tubuh mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi glukosa yang digunakan sel untuk energi. Tapi, sel-sel tubuh membutuhkan insulin untuk memasukkan glukosa ke dalam sel dan akhirnya di metabolism menjadi energi. Bila tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel dan tidak dapat diubah oleh sel menjadi energi. Alhasil, Anda mudah merasa lapar sebagai respon tubuh untuk berusaha meningkatkan energi.

Gatal-gatal

Pada penderita diabetes, infeksi jamur banyak terjadi. Gejala infeksi jamur adalah gatal-gatal terutama di kemaluan.

Makin Kurus dan Lemah

Insulin yang terlalu sedikit membuat sel tidak bisa mengambil glukosa untuk dijadikan energi. Akibatnya, tubuh menjadi cepat lemas dan mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba dalam jumlah besar.

“Cara mengontrol diabetes ini, adalah melalui pola makan sehat, menjaga berat badan dan aktif bergerak,” tandasnya. (RED04)

 

Lebih baru Lebih lama