ilustrasi produk Lays, Doritos dan Cheetos yang dihentikan. (foto : istimewa)


MEDAN TOP - Kabar kurang sedap datang dari produk makanan ringan Lays Doritos, dan Cheetos. Produksi cemilan lezat akan berhenti di Indonesia mulai bulan Agustus 2021 mendatang.

Alasannya, ketiga merek produksi Fritolay ini berhenti produksi, lantaran PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) resmi diakuisisi PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP) Tbk.

IFL adalah perusahaan patungan antara PepsiCo dan ICBP yang hubungan kemitraannya telah terjalin selama 30 tahun, dan kini harus berakhir.

Nilai transaksi pembelian sahamnya mencapai Rp 494 miliar dan kini ICBP memiliki 99,99% saham IFL.

“Sehubungan dengan dilakukannya transaksi, maka IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo, yang harus sudah diselesaikan dalam waktu 6 bulan dari sejak tanggal dilakukannya transaksi,” tulis Corporate Secretary ICBP Gideon A. Putro dalam keterangan resminya.

Akibat dari keputusan tersebut makanan ringan produksi PepsiCo seperti lays, Cheetos, dan Doritos sudah tidak akan diproduksi lagi di Indonesia mulai Agustus 2021 mendatang.

“Fritolay, PepsiCo dan atau pihak afiliasi lainnya sepakat tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama 3 tahun sejak berakhirnya masa transisi,” tambahnya.

Tidak mau begitu saja melepaskan pasar makanan ringan di Indonesia, PepsiCo berencana akan menawarkan produk Quaker Oat untuk sementara waktu.

Sontak saja kabar ini membuat banyak netizen bertanya-tanya. Bahkan kabar hengkangnya Lays dan Cheetos membuat netizen Indonesia mengucapkan ‘Say Goodbye’ pada kedua makanan ringan ini. (RED04)

Lebih baru Lebih lama