Rapat paripurna DPRD Medan mengusulkan pelantikan calon terpilih Pilkada Medan 2020, Selasa (23/2/2021). (foto : istimewa)


MEDAN TOP
 – Jika tidak ada rintangan, pelantikan calon terpilih Pilkada Medan 2020 akan dilaksanakan, Jumat (26/2/2021). Usulan pelantikan telah dikirim DPRD Kota Medan ke Gubernur Sumatera Utara (Sumut) usai sidang paripurna, Selasa (23/2/2021).

Ketua DPRD Medan, Hasyim yang memimpin sidang paripurna, mengatakan usulan ini nantinya akan disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur Sumut.

Paripurna hari ini, sambung dia, terkait dengan usulan pengesahan pengangkatan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih untuk 2021-2024, Bobby Nasution-Aulia Rachman. “Nanti usulan tersebut akan kami proses hari ini setelah paripurna untuk dikirim ke Medagri melalui Gubernur selaku perwakilan pemerintah pusat," ujar Hasyim di Gedung DPRD Medan, Selasa (23/2/2021).

Rapat paripurna dewan dipimpin Ketua DPRD Medan, Hasyim SE didampingi Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, Rajuddin Sagala, HT Bahrumsyah. Paripurna juga diikuti anggota dewan lainnya lewat meeting zoom. Hadir juga Plh Wali Kota Medan Ir Wiriya Alrahman serta unsur forum pimpinan daerah Kota Medan (Forkopimda).

Hasyim menuturkandasar paripurna pengusulan berpedoman UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah Pasal 154. Bahwa DPRD mempunyai tugas dan wewenang mengusulkan dan memberhentikan Kepala Daerah kepada Menteri melalui Gubernur. Untuk mendapat pengesahan dan pemberhentian. Maka pada Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Medan pada 22 Februari 2021 menjadwalkan paripurna.

Selanjutnya Hasyim menyampaikan pengusulan itu setelah DPRD Medan menerima SK Penetapan dari KPU Kota Medan. Penetapan tersebut tertuang dalam SK KPU Kota Medan Nomor: 175/PL.02.7-Kpt/1271/KPU-Kot/II/2021.

Seperti diketahui, Pilkada Medan 2020 diikuti dua pasangan calon yakni Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan Bobby Nasution-Aulia Rachman. Pasangan Bobby-Aulia memenangkan Pilkada dengan perolehan suara terbanyak.

Berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan KPU Medan  Akhyar Nasution - Salman Alfarisi memperoleh 342.580 suara. Sementara pasangan nomor urut 02 Bobby Nasution - Aulia Rachman mendapatkan 393.327 suara.

Sementara itu Plh Wali Kota Medan Wiria Alrahman dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang telah mengagendakan paripurna. “Tentunya, semua pihak memberikan harapan yang sangat tinggi untuk merealisasikan visi misi dan menjadikan kota menjadi lebih baik,” ucap dia.

Pada kesempatan itu, Wiria menyampaikan harapannya, agar kerjasama komunikasi dan kemitraan dapat lebih mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Medan. (RED04)

Lebih baru Lebih lama