Ilustrasi seorang gadis meminum teh. (foto : pixabay)


MEDAN TOP
 – Mengonsumsi kafein ternyata dapat meningkatkan metabolisme tubuh atau badan Anda.

Semakin tinggi metabolisme tubuh, makin banyak kalori yang ikut terbakar, sehingga tidak terjadinya penumpukan kalori dalam lemak. Kopi dan teh merupakan makanan berkafein yang bisa tingkatkan metabolisme badan Anda, sekaligus menurunkan berat badan.

ilustrasi kopi. (foto : pixabay)

Kopi

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi ternyata dapat meningkatkan metabolisme hingga 11 persen.

Studi pada enam penelitian yang berbeda menemukan bahwa orang yang meminum kopi dengan kadar 270 miligram atau setara tiga cangkir kopi, dapat membakar 100 kalori per hari.

Kafein juga turut membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh sehingga munculnya energi untuk meningkatkan latihan olahraga anda.

Meskipun begitu, efek kafein itu tampaknya bisa berbeda pada setiap orang, yaitu tergantung pada berat badan, usia, karakter individu.

ilustrasi teh. (foto : pixabay)


Teh

Lalu, gabungan kafein dan katekin yang terdapat dalam teh dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Khususnya, teh hijau dan teh oolong dapat menambah metabolisme sebanyak 10 persen. Hal ini juga membantu proses pembakaran kalori ekstra sebesar 100.

Tidak hanya itu, teh hijau dan oolong juga membantu tubuh dalam menggunakan lemak yang disimpan untuk energi secara efektif, dan meningkatkan pembakaran lemak sampai 17 persem. Sama seperti pada kopi, efek dari teh mungkin berbeda pada setiap orang. (RED04)

 

Lebih baru Lebih lama