ilustrasi tanaman pegagan. (foto : alodokter)

MEDAN TOP – Banyak digunakan sebagai obat tradisional dan skincare, daun pegagan atau Centella Asiatica tengah naik daun. Tanaman liar ini memiliki daun dengan tepian bergerigi dan mempunyai cabang batang banyak. Sebagai bahan alami yang kini banyak digunakan dalam skincare, daun pegagan memiliki banyak khasiat bagi kulit. Apa saja?

Mengurangi Peradangan

Ekstrak daun pegagan berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit. Peradangan kulit dapat dipicu oleh infeksi, penyakit autoimun, dan reaksi alergi. Gejalanya antara lain ruam halus, bersisik, gatal, perih, kemerahan, rasa hangat di area yang mengalami peradangan, benjolan, pecah-pecah, serta penebalan kulit.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun pegagan mengandung triterpene sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka. Triterpene juga membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, serta mempercepat pembentukan pembuluh darah baru sehingga proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Luka akibat jerawat yang tidak sengaja terpencet juga dapat dibantu proses penyembuhannya dengan daun pegagan.

Antipenuaan

Daun pegagan mengandung antioksidan yang ampuh untuk melawan tanda-tanda penuaan. Gejala penuaan dapat muncul akibat kandungan kolagen yang berkurang karena faktor usia, paparan sinar matahari, dan gaya hidup tidak sehat.

Dengan khasiatnya sebagai antioksidan, tidak heran kalau daun pegagan sekarang ini banyak digunakan pada produk skincare.

Melembapkan Kulit

Ekstrak daun pegagan dapat meningkatkan kelembapan kulit. Bagi Anda yang berkulit kering dan sensitif, Centella membantu melindungi dinding pembuluh darah sehingga dapat menahan air dalam kulit serta menjaga kelembapannya.

Rasakan Khasiat Daun Pegagan untuk yang Kurang Pede karena Selulit

Mengurangi Selulit

Selulit dapat mengurangi rasa percaya diri. Padahal perempuan rentan terkena selulit, terutama saat mereka hamil, pascamelahirkan, serta setelah mengalami penurunan berat badan pascadiet. Selulit biasanya muncul pada paha, perut, bokong, dan sekitar lengan.

Daun pegagan dapat membantu mengatasi selulit sehingga kulit kembali terlihat mulus. Ekstrak daun pegagan juga berguna untuk melancarkan metabolisme pada sel-sel di sekitar jaringan ikat. Efeknya, lemak yang terbentuk dapat terurai.

Itulah lima manfaat daun pegagan. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa menggunakan skincare berbahan cica ini. (KITAKININEWS)

Lebih baru Lebih lama