MEDAN TOP – Kecewa dengan performa klub, suporter Marseille emosi, menerobos masuk ke kompleks latihan klub dan menyebabkan kebakaran dan kerusakan signifikan.

Peristiwa pengerusakan terjadi, Sabtu (30/1/2021) lalu, Hanya beberapa jam sebelum para pemain dijadwalkan turun ke lapangan untuk pertandingan vital Ligue 1 melawan Rennes. Sekitar 100 atau lebih suporter berkumpul di luar tempat latihan mereka di La Commanderie untuk memprotes kepemilikan klub, serta juga mempertanyakan komitmen skuad dan juga kekecewaan atas performa buruk belakangan ini.

Yang terjadi selanjutnya masih belum jelas, namun fakta yang menonjol adalah bahwa sejumlah besar pendukung "Pecahnya kekerasan yang tidak dapat dibenarkan membahayakan nyawa orang-orang yang berada di lokasi," kata Marseille dalam sebuah pernyataan.

"Pencurian dilakukan dan juga perusakan kendaraan. Lima pohon dibakar dengan satu keinginan untuk menghancurkan. Kerusakan di dalam gedung mencapai kerugian beberapa ratus euro."

Pelatih tim, Andre Villas-Boas terkena lemparan botol minum dan bek tengah Alvaro Gonzalez - pemain yang tentu tidak pantas mendapat kritikan karena kurangnya upaya atau komitmen - terkena proyektil. Laporan awal menyebutkan bahwa sang pemain sekarang cedera karena ulah suporter timnya sendiri, meski pun kemudian dianggap sebagai luka ringan.

Karena Marseille tidak dapat menjamin keamanan para pemain mereka, maka pertandingan mereka melawan Rennes, Senin (1/2/2021) dini hari WIB, di Velodrome ditunda.

"Saya telah menjadi pemain Marseille selama 13 tahun," kata kapten Steve Mandanda dalam sebuah pernyataan. "Saya tahu segalanya tentang klub ini, saya tahu cinta dan frustrasi yang ditimbulkannya, tetapi kejadian hari ini membuat saya sedih dan tidak dapat diterima."

Pemikiran sang kapten juga digaungkan di media sosial oleh para penggawa Marseille lainnya.

Bagaimana bisa jadi seperti ini? Ini tak lepas dari performa buruk klub sepanjang musim 2020/21. Meskipun OM mampu mempertahankan performa Ligue 1 yang luar biasa bagus yang mereka tunjukkan musim lalu untuk lolos ke Liga Champions, kampanye mereka di Eropa berakhir dengan catatan mengenaskan setelah menutup rekor 13 kekalahan beruntun yang belum pernah terjadi sebelumnya di kompetisi dengan kemenangan tak berarti 2-1 atas Olympiakos di laga final fase grup. (RED04)


Lebih baru Lebih lama