WR II UIN Sumut saat peluncuran buku 'Moderasi Beragama Sumatera Utara Kontribusi Awal Tjong A Fie. (foto : istimewa)


MEDAN TOP
 – Wakil Rektor II Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut) luncurkan buku berjudul ‘Moderasi Beragama Sumatera Utara Kontribusi  Awal Tjong A Fie’.

Dalam buku ini, dipaparkan bagaimana Tjong A Fie, seorang keturunan Tionghoa sudah menjadi simbol tokoh moderasi beragama di Sumut pada masa hidupnya satu abad lalu. Hingga sekarang Tjong A Fie  juga dikenal di berbagai belahan dunia. 

Hasnah bilang, kota Medan yang dikenal sangat plural dengan berbagai suku, ras dan agama. Dimana terdapat rumah Tjong A Fie yang berasal dari Taipan yang sangat dermawan selalu memberikan kontribusi pemikiran dan gagasan.

Walaupun beragama non muslim, Tjong A  Fie membantu berdirinya Mesjid Raya, dan Mesjid Gang Bengkok. Kahadiran Titi Berlian di Jalan Zainul Arifin, serta Kantor PT Kereta Api Medan juga  bukti sumbangsihnya. 

Bukan hanya itu, Tjong A Fie yang memiliki karyawan 10 ribu orang di Perkebunan Tembakau di Bandar Baru tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan lainnya. Ia juga menolak hukuman pidana bagi pekerja yang menentang penguasa waktu itu. Hingga akhir hayatnya, Tjong A Fie yang wafat 4 April 1921 pantas dijuluki tokoh dalam keberagaman moderasi beragama di Sumut. 

Diungkapkan Hasnah, buku tersebut disusun selama 6 bulan dibantu oleh sejarawan Unimed Dr Phil Ichwan Azhari dan didukung Rektor UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap MA selaku pengantar tulisan buku ini.

Dia berharap, karya tulisannya ini diharapkan kepada pembaca dan masyarakat Sumut agar memahami bahwa perbedaan itu hal yang nyata, walau pun pluralisme tapi tetap damai tanpa mendiskriminasi suku, ras dan agama. 

Rektor UIN Sumut Prof Syahrin turut mengapresiasi peluncuran buku ini yang sangat relevan dengan kondisi bangsa ini. "UIN Sumut mengembangkan moderasi beragama sebagai upaya menjadikan kampus ini menjadi basis moderasi beragama di Indonesia dan internasional," tukasnya. (RED04) 

Lebih baru Lebih lama