Jahe baik untuk kesehatan. (Foto: Istimewa)

MEDAN TOP - Jahe tak hanya dikenal sebagai rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Jahe juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan karena mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, lemak, protein, pati, asam organik, dammar, zingeron, sineol, dan oleoresin. 

Kandungan vitamin dan mineral tersebut membuat jahe dipercaya mampu mencegah dan menyembuhkan sejumlah penyakit. Manfaat jahe bisa kamu simak sebagai berikut!

1.Menyehatkan Sistem Pencernaan

Jahe juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Mengonsumsi jahe dapat mencegah perut kembung, sembelit, atau naiknya asam lambung. Jahe yang ditambahkan dalam makanan pun juga berfungsi untuk mencegah keracunan makanan akibat bakteri.

2.Meredakan Nyeri Haid

Rutin mengonsumsi air jahe bisa membatu mengurangi nyeri yang terjadi saat menstruasi. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita. Bahkan, khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

Untuk mendapatkan manfaat jahe untuk meredakan nyeri, cobalah untuk mengonsumsi air jahe setidaknya empat gelas. Minum cairan tersebut selama dua hari masa awal menstruasi. Efek jahe pada perut disebut mampu memberi efek menenangkan dari nyeri.

3.Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat jahe juga dapat dirasakan oleh pria. Jahe dipercaya dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron yang dapat meningkatkan kesuburan pria.

4.Menghilangkan Mual

Baunya yang khas dan kandungan yang dimilikinya dapat digunakan untuk menghilangkan rasa mual. Selain itu, mengonsumsi jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi mabuk laut. Kamu bisa memanfaatkan jahe dengan cara merebus airnya atau mencampurnya ke dalam teh.

5.Melawan Infeksi

Jahe bisa kamu gunakan untuk membantu melawan virus penyebab infeksi. Hal ini disebabkan oleh senyawa aktif gingerol yang dimilikinya.

6.Menjaga Kesehatan Otak

Jahe memiliki manfaat yang dapat menjaga kesehatan otak. Dengan mengonsumsi jahe secara teratur dapat menghambat proses peradangan yang terjadi pada otak.

7.Mengurangi Peradangan

Jahe mampu mengurangi peradangan pada persendian. Kandungan antiinflamasi yang dimilikinya mampu mengurangi dampak rematik secara perlahan-lahan.

8.Mencegah Kanker

Manfaat jahe juga dapat digunakan untuk mencegah kanker. Dengan mengonsumsi jahe dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker rahim.

9. Melancarkan Peredaran Darah

Jahe dapat memberikan stimulan sirkulasi darah yang kuat. Kandungan yang dimilikinya memberi efek stimulasi pada otot jantung untuk mengencerkan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

10. Melepas Stres

Jahe memiliki aroma yang khas dan kandungan polifenol yang dapat membantu meredakan stres. Konsumsilah jahe setiap hari untuk membantu melepaskan stres.

11. Menghindari Penyakit Jantung

Jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol jahat diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

12. Meningkat Nafsu Makan

Jahe bisa membantu kamu untuk meningkatkan nafsu makan. Untuk membantu memulihkan nafsu makan yang hilang, kunyah sepotong jahe dengan lemon dan garam.

13. Melegakan Tenggorokan

Jahe dapat memberikan efek hangat di tenggorokan. Konsumsilah air jahe untuk meredakan rasa gatal karena penyakit pernapasan.

14. Mencegah Kebotakan

Rambut yang sering rontok dapat diatasi dengan menggunakan jahe. Jahe merangsang folikel di kulit kepala untuk memelihara kulit kepala serta menguatkannya. Gunakan jahe sebagai masker rambut dengan cara menghancurkannya dan mencampurnya dengan minyak kelapa murni. (RED03)



Lebih baru Lebih lama