Wali Kota Medan menerima piala bergilir MTQ dari Medan Denai. (foto : istimewa)


Medan.top - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 Kota Medan, resmi dibuka, Selasa (16/3/2021). Meski digelar secara virtual, Wali Kota Medan, Bobby Nasution berharap makna MTQ tidak berkurang.

 

"Meskipun tanpa adanya pendukung dan disaksikan langsung oleh masyarakat. Namun makna MTQ tahun ini tidak berkurang. Justru masyarakat dari seluruh dunia bisa menyaksikan MTQ Kota Medan tahun ini melalui live streaming," ujar Bobby membuka MTQ ke-54 Kota Medan di Asrama Haji Medan Gedung Madinatul Hujjaj, Selasa (16/3/2021).

 

Masyarakat masih tetap dapat menyaksikan jalannya perhelatan MTQ tahun ini melalui live streaming channel Youtube MTQ ke 54 Tingkat Kota Medan Tahun 2021 dengan link https://youtu.be/1QQwnQ6b-GI. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 16 Maret hingga 23 Maret 2021.

 

Pelaksanaan MTQ tahun ini sendiri mengambil dua tempat berbeda. Yaitu di Asrama Haji Medan dan Perguruan Al-Azhar Medan. Bobby menilai kedua tempat tersebut sangat cocok untuk dijadikan tempat perhelatan MTQ, karena memiliki banyak ruangan. Namun para Qori dan Qoriah yang bertanding tidak diizinkan untuk membawa pendukungnya.

 

"Ini menjadi tantangan baru bagi Qori dan Qoriah karena ditonton oleh masyarakat luas sehingga terlihat jelas kualitasnya dan masyarakat dapat menilai langsung," ucap menantu Presiden Jokowi ini.

 

Bobby menilai pelaksanaan MTQ tahun ini penting. Kafilah bukan hanya sekadar membaca, dan mengerti isi Al-Quran saja. Tetapi juga harus mampu mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari agar mencapai keberkahan dari Allah SWT.

 

"Apabila kita dapat mengimplementasikan apa yang terkandung dalam Al-Quran. Pastinya Pemko Medan semakin mudah dalam menjalankan pembangunan di Kota Medan," tutur dia.

 

Kepada LPTQ sebagai lembaga yang menaungi MTQ, Bobby berharap  mampu berkolaborasi seluas-luas kepada seluruh pihak. Sehingga nantinya para peserta MTQ yang menjadi juara dan meraih penghargaan, dapat menggunakan penghargaan yang digunakan sebagai tiket masuk ke perguruan tinggi.

Ketua DPRD Berharap MTQ Membudaya di Tengah Masyarakat

 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim berharap MTQ yang telah membudaya di tengah masyarakat. Tidak hanya meningkat dari segi syiar dan kualitas penyelenggaraannya saja. Namun kegiatan ini harus dapat mewarnai wajah umat islam yang damai di Kota Medan ini.

 

"Kegiatan MTQ ini harus mampu membumikan Al-Quran sehingga nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Quran ini dapat dipahami dan dilaksanakan oleh pemeluknya," ungkapnya.

 

Adapun jumlah peserta yang mengikuti MTQ tahun ini sebanyak 558 orang yang berasal dari utusan masing-masing Kecamatan se-kota Medan.

 

Reporter : Amelia Murni

Lebih baru Lebih lama