Medan.top – Kaki yang mengalami kram secara tiba-tiba seringkali dapat menganggu aktivitas, hal ini karena kram kaki bisa menimbulkan rasa nyeri. Sebelum mengetahui cara mudah mengatasi kram kaki dengan cepat, ketahuilah terlebih dulu penyebab kram kaki.

Penyebab kram kaki sangatlah banyak, walaupun terkadang kram kaki juga bisa terjadi tanpa di ketahui penyebab pastinya.

Berikut beberapa penyebab kram kaki yang bisa kamu ketahui disini.

Penyebab Kram Kaki

[caption id="attachment_8510" align="alignnone" width="741"]Penyebab kram pada kaki Sumber : Tribun Bali - Tribunnews.com[/caption]

Olahraga terlalu berat

Olahraga terlalu berat dapat membuat otot bekerja terlalu keras sehingga bisa membuat kram otot. Bukan hanya itu, Kurang pemanasan sebelum berolahraga juga sering menyebabkan kram pada kaki.

Kehamilan

Kondisi kram sudah biasa dialami pada ibu hamil, terutama saat bulan-bulan terakhir kehamilan. Kemungkinan hal ini terjadi karena kekurangan kalium dan magnesium, atau karena aliran darah ke kaki yang kurang lancar.

Dehidrasi

Setiap hari, kadar air pada tubuh berkurang dengan napas yang dihembuskan, pada keringat, urin, dan kotoran. Jika tidak memberi asupan air atau cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang, kamu dapat mengalami dehidrasi.


Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan dari pada cairan yang masuk dalam tubuh. Dehidrasi berat dapat menyebabkan gangguan elektrolit yang kemudian menyebabkan kaki kram.

Malas bergerak (mager)

Otot perlu diregangkan secara teratur agar berfungsi dengan baik. Duduk atau tidur dalam waktu yang lama dan meletakkan kaki pada posisi yang tidak nyaman bisa membuat otot kaki lebih rentan mengalami kram.

Penyakit hati

Penyakit yang melibatkan organ hati dapat menyebabkan kram pada kaki. Ketika organ hati tidak bisa bekerja dengan baik, racun di dalam darah akan meningkat dan bisa membuat otot kram.

Kondisi medis lainnya

Penyakit ginjal, penyakit tiroid, di abetes, atau masalah aliran darah (penyakit arteri perifer) juga berisiko meningkatkan terjadinya kram.

Setelah mengetahui penyebab kram kaki, berikut kami berikan beberapa cara mudah mengatasi kram kaki dengan cepat.

Cara Mengatasi Kram Kaki

[caption id="attachment_8507" align="alignnone" width="741"] Sumber : Halodoc[/caption]

Hentikan aktivitas dan lemaskan otot

Saat sedang melakukan olahraga berat dan kaki terasa kram, hentikan dan beristirahatlah sebentar. Duduk dan baringkan kaki selama beberapa menit, hal ini di percaya mampu meredakan kram kaki secara perlahan.

Pijat Kaki

Memijat lembut bagian otot kaki yang menegang dapat membantu meredakan kram dengan cepat. Pada masa pemijatan kamu bisa sembari mengoleskan penghangat, balsam, atau koyo ke bagian otot kaki yang kram.

Minum air yang cukup

Cara mudah lainnya yang dapat menghentikan kram pada kaki yaitu dengan menghidrasi tubuh. Kamu di sarankan mencukupi kebutuhan air untuk mengatasi kejang atau kram otot pada kaki. Cara ini mungkin membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, namun bisa mencegah terjadinya kram lebih lanjut.

Lakukan aktivitas ringan

Otot perlu di regangkan secara teratur agar dapat berfungsi dengan baik. Maka dari itu, buanglah rasa malas kamu setidaknya lakukan aktivitas ringan di rumah. Seperti jalan kaki di sekitar area kamar atau lingkungan rumah. Aktivitas ini dapat membantu meringankan kram kaki.

Lebih baru Lebih lama