Sumber : Beautynesia


Medan.top
– Dalam istilah medis, biang keringat disebut dengan miliaria. Biang keringat dapat terjadi pada bayi maupun orang dewasa. Biang keringat adalah ruam atau bintil kecil berwarna merah yang menonjol dan terasa gatal. Area tubuh yang rentan mengalami biang keringat ialah punggung, leher, wajah dan selangkangan. Biang keringat memang bukan termasuk penyakit berbahaya dan menular, tapi keberadaannya bisa sangat mengganggu sehingga harus segera ditangani. Untuk menanganinya, kamu bisa mengikuti salah satu dari 5 cara mengatasi biang keringat secara alami di bawah ini!.

Cara Mengatasi Biang Keringat

1. Dengan Lidah buaya

cara mengatasi biang keringat dengan lidah buaya Sumber : KlikDokter

Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya untuk menghilangkan biang keringat secara alami. Lidah buaya memiliki kandungan anti bakteri dan anti septik, di mana kandungan tersebut di percaya mampu membantu mengurangi berbagai jenis ruam kulit, termasuk biang keringat.

Caranya :

  • Blender gel lidah buaya segar seperlunya.
  • Setelah halus, oleskan gel pada area tubuh yang mengalami masalah biang keringat.
  • Lakukan cara ini secara rutin dua hingga tiga kali sehari agar biang keringat cepat hilang.

2. Madu

cara mengatasi biang keringat dengan madu Sumber : Kompas Health

Cara mengatasi biang keringat selanjutnya kamu bisa coba menggunakan madu asli. Kandungan anti-inflamasi pada madu di percaya bisa untuk mengatasi biang keringat secara alami.

Caranya :

  • Oleskan madu pada kulit yang mengalami biang keringat secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit agar madu benar-benar meresap pada kulit.
  • Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.
  • Lakukan cara ini dengan rutin cukup lima kali dalam seminggu.

3. Mandi dengan air dingin

Sumber : KlikDokter

Cara lain untuk menghilangkan biang keringat kamu bisa mandi dengan air dingin dan sabun berbahan lembut. Air dingin mampu membantu menurunkan suhu tubuh, sehingga biang keringat lebih cepat hilang.

Selain mandi air dingin, berada di dalam ruangan yang memiliki pendingin ruangan seperti AC dan kipas juga dapat membantu turunkan suhu pada kulit.

Setelah mandi air dingin, hindari mengeringkan kulit dengan handuk. Biarkan kulit kering dengan sendirinya.

4. Es Batu

Sumber :
Suara Muhammadiyah

Siapa sangka, bila ternyata es batu memiliki begitu banyak manfaat bagi kulit. Selain di kenal mampu mengecilkan pori-pori kulit yang besar, sensasi dingin pada es batu juga di percaya bisa menjadi solusi yang ampuh untuk mengatasi biang keringat secara alami paling murah dan ampuh lho.

Caranya :

  • Bungkus sebongkah es batu dengan sapu tangan kecil dan lembut.
  • Kompreskan bungkusan es batu pada area kulit yang mengalami masalah biang keringat
  • Kompres secara bergiliran selama 10 menit.
  • Lakukan secara rutin dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

5. Bedak tabur

Sumber : Daftar Harga & Tarif

Bedak tabur dapat mengurangi produksi keringat di kulit sehingga sangat di percaya mampu mengatasi dan mencegah munculnya biang keringat. Pakailah bedak tabur tanpa kandungan parfum atau pewangi buatan untuk mengatasi biang keringat secara aman. Bahan-bahan tersebut di takutkan berisiko sehingga membuat kulit mengalami iritasi.

Lebih baru Lebih lama