Bobby Nasution saat rapat membahas masalah sampah di Medan. (Foto: Istimewa)

MEDAN TOP - Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan Tempat Pengelolahan Sampah Terpadu Refused Derived Fuel (TPST RDF) menjadi salah satu solusinya untuk meminimalisir sampah. Sampah menjadi masalah yang tak kunjung terselesaikan di Kota Medan bahkan menjadi salah satu penyebab banjir.

"Semoga kita bisa menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Medan, yang masih kita cari terus solusinya untuk yang terbaik dari beberapa masukan dan solusi disini," ucap Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman dalam rapat koordinasi pengelolahan sampah terintegrasi di Kota Medan

Nantinya dalam mensinergikan perencanaan RDF ini, Wali Kota Medan akan merencanakan setiap Kecamatan di Kota Medan langsung untuk meninjau lokasi tersebut. Sebelumnya, usulan TPST RDF ini diberikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan Kehutanan Maritim dan Investasi, Nani Hendiarti.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman juga mengatakan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), diharapkan nantinya tak lagi menjadi hal yang menakutkan bagi masyarakat serta dapat bekerjasama menangani sampah tersebut.

"Kita Pemerintah berharap sebenarnya masyarakat dapat memisahkan sampah organik dan non organik. Sampah diperhatikan dan nantinya akan diperbanyak armada sampah," ujar Aulia Rachman.

Deputi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, mengatakan saran RDF tersebut merupakan salah satu contoh efektif dalam teknologi RDF di wilayah Cilacap sebagai inovasi pengelolahan sampah ramah lingkungan.

Rapat juga diisi dengan pemaparan kinerja strategi pengelolahan persampahan kota Medan oleh Kepala Dinas Kebersihan, Husni.

"Saat ini sampah kita mencapai 2.140 ton perhari, yang didominasi oleh sampah makanan sebanyak 48 persen," ucapnya saat pemaparan.

Persoalan sampah masih menjadi pekerjaan rumah bagi sejumlah daerah, salah satunya Kota Medan. Oleh karena itu, Kota Medan tengah mencari cara agar pengelolaan sampah dapat meningkat. 

Turut hadir juga dalam rapat koordinasi pengelolahan sampah terintegrasi di Kota Medan, yakni Staf Khusus Menteri Koordinator Kemaritiman, Hernando Wahyono, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan pihak Kementerian PUPR. (RED03)

 




Lebih baru Lebih lama