JNE dukung UMKM melalui seminar UMKM online. (foto : istimewa)


Medan.top
- Pemilik UMKM kini terus beradaptasi mengembangkan inovasi digital di masa pandemi Covid-19. Lantaran perubahan perilaku belanja dari offline ke online, mereka butuh dukungan.

 

JNE pun memberi dukungan dalam kegiatan yang diselenggarakan Koperasi UMKM Syariah Sumut, beberapa waktu lalu. Lantaran, tiga supporting sistem ekonomi digital adalah logistik, financial tech, dan media market.

 

Kepala Cabang JNE Medan, Fikri Alhaq Fachryana menjelaskan dukungan JNE terhadap program ini merupakan bagian dari CSR JNE Medan. Sebagai perusahaan logistik terbesar di Indonesia, sambungnya, JNE memiliki komitmen dan kewajiban untuk membangun ekonomi digital.

 

"Semoga lewat seminar ini dapat memberikan edukasi dan pemantapan ilmu bagi para UMKM. Sehingga mereka memiliki tempat berjualan di berbagai media. Yang disebut OMNI Channel, dimana UMKM dapat berjualan di berbagai media sosial agar mudah dikenal,” katanya, Senin 922/3/2021).

 

Sesuai dengan tagline JNE, “Connecting Happiness” menyambungkan kebahagiaan. Kepedulian JNE terhadap para pelaku UMKM memicu JNE untuk dapat terus berkontribusi lebih baik lagi dalam mendorong kemajuan ekonomi digital.

 

Kata dia, JNE telah lebih dari 3 tahun menginisiasi Go Digital Marketing. Diketahui tak hanya webinar online ini, JNE juga memiliki program edukatif lainnya seperti pelatihan design grafis yang lulusannya diminta untuk berkontribusi membantu para pelaku UMKM. Termasuk program pendampingan dan tarif khusus pengiriman bagi pelaku UMKM yang Go Online.

 

Serta pengadaan community development yang tersebar dibeberapa titik di Sumatera Utara yaitu ruangan gratis yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM yang ingin mengadakan diskusi dan pelatihan bagi kelompoknya.

 

Sebelumnya, Ketua Koperasi, Kurnia Sitorus menyampaikan bahwa Koperasi UMKM Syariah Sumut merupakan koperasi yang berbasis syariah dengan anggota pelaku UMKM. Pemasaran produk, teknik packaging, permodalan adalah kendala UMKM.

Produk UMKM Sekarang Sudah Sangat Bagus

 

Program ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Maka dalam kesempatan ini, kami berterimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung, JNE sebagai fasilitator, Dinas Koperasi dan UKM yang mendukung pengembangan program ini, dan pihak lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

 

Acara yang bertajuk Strategi Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Syariah Melalui Media Sosial ini turut menghadirkan narasumber JNE Medan, yaitu Evan Budi Iswandi Siregar. "Dengan online, para UMKM akan mendapatkan pasar yang lebih luas," terangnya kepada 35 peserta UMKM yang hadir.

 

Selain itu, pengenalan produk kepada calon pembeli akan lebih baik. Produk maupun personal branding pemilik UMKM tersebut juga akan lebih cepat terbentuk.

 

"Para UMKM sekarang produknya sudah sangat bagus. Mamun kebanyakan dari mereka bingung bagaimana memasarkannya dan kepada siapa memasarkan produknya," ungkapnya.

 

Reporter : Amelia Murni

Lebih baru Lebih lama