Irdam I/BB, Brigjen TNI Gamal Haryo Putro

MEDAN TOP - Kodam I/Bukit Barisan siap merekrut personel Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat dari warga sipil sepanjang tahun 2021 ini. Sebanyak 3.500 personel Komcad yang akan direkrut seluruhnya dibagi ke dalam enam batalyon.

Pangdam I/ BB, Mayjen TNI Hasanudin diwakili Irdam I/BB, Brigjen TNI Gamal Haryo Putro mengatakan nantinya Batalyon Komcad 1,2 dan 3 dilatih di Rindam I/BB Pematangsiantar. Batalyon Komcad 4 dilatih di Yonarhanud 13/WSBY Pekanbaru, Batalyon Komcad 5 dilatih di Secata B Rindam I/BB Sumbar, dan Batalyon Komcad 6 dilatih di Yonif Raider Khusus 136/TS, Batam.

"Lama pelatihan akan disesuaikan dengan ketentuan yang dikeluarkan Kemhan RI, dan untuk teknisnya akan dibicarakan lebih lanjut setelah sosialisasi ini," kata Brigjen Gamal, Rabu (24/3).

Menurut Brigjen Gamal, Kodam I/BB akan mendukung penuh pembentukan Komcad Matra Darat ini. Karena ini merupakan kekuatan pengganda bagi TNI dalam upaya pertahanan negara.

“Kemhan dalam beberapa tahun ke depan akan membentuk komponen cadangan di seluruh wilayah Indonesia," jelas Brigjen Gamal.

Dia menambahkan teknis pembentukan Komcad dilakukan sesuai matra, dan untuk tahun ini difokuskan kepada matra darat. Kemhan RI, katanya, secara konsisten melakukan pengelolaan sumber daya nasional untuk kepentingan rakyat dan terutama pertahanan negara.

"Jadi, pembentukan Komcad ini akan membantu komponen utama pertahanan negara, yakni TNI. Dan diharapkan dengan adanya Komcad ini akan menjadikan pertahanan  lebih kuat, disegani dan dihormati bangsa lain di dunia," pungkasnya.

Diketahui, Kemenhan RI menargetkan 35 Batalyon Komponen Cadangan sepanjang 2021. Dari 35 Batalyon itu dipastikan, 25 ribu tentara dari Komcad akan membantu Mabes TNI, dengan asumsi setiap Batalyon menghasilkan 400 hingga 500 tentara Komcad.

Kemenhan kini juga mulai menggelar sosialisasi program Komcad guna memperkuat kekuatan TNI dalam menjaga pertahanan negara. Program ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia berusia 18-35 tahun yang ingin secara sukarela menjadi tentara cadangan.

Keberadaan komponen cadangan tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 sebagai peraturan pelaksanaannya. (RED03)

Lebih baru Lebih lama