Sumber : elevenia Blog


Medan.top – Indonesia adalah negeri yang kaya akan rempah-rempah berkhasiat. Masyarakatnya secara turun-temurun mengolah rempah menjadi jamu sebagai cara alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu jamu paling populer adalah kunyit asem (kunir asem). Ada banyak sekali khasiat kunir asem yang komposisi utamanya ialah kunyit. Bahkan di luar negeri, kunyit banyak direkomendasikan sebagai obat alami karena kandungan curcumin yang ada di dalamnya. So, apa saja manfaat penting jamu kunyit asam untuk kesehatan tubuh? Simak di bawah yuk!.

Manfaat Jamu Kunyit Asam Sumber :

Diadona.id[/caption]

1. Mampu Mengatur gula darah

Sejak dulu hingga kini, jamu kunyit asam kerap direkomendasikan bagi penderita diabetes. Kunyit asam di percaya sebagai jamu yang mampu mengatur gula darah dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, penderita diabetes sangat diwajibkan mengatur kadar gula darah dalam tubuh mereka.

2. Mencegah risiko kanker

Kandungan curcumin dalam kunyit di percaya khasiat untuk mencegah risiko kanker. Sebagai antioksidan dan anti-peradangan, curcumin dapat mengurangi risiko sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat mutasi sel dan kanker.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Minum jamu kunyit asem secara teratur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu lho. Kemampuan ini di percaya karena kandungan antioksidan, anti-peradangan, dan antibakteri di dalam kunyit. Selain itu, curcumin dalam jamu kunyit asam juga bisa menjadi modulator kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

4. Meningkatkan fungsi otak

Menurunnya fungsi otak dapat menyebabkan masalah seperti depresi. Kabari baiknya, curcumin dalam jamu kunyit asam juga dapat berkhasiat meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF) sehingga fungsi otak meningkat dan tidak rentan terkena penyakit otak.

5. Meredakan nyeri haid

Jamu kunyit asam (kunir asam) sudah di kenal sejak lama mampu meredakan nyeri haid.  Hal ini lagi-lagi berkat  kandungan curcumin yang ada di dalam jamu kunir asam. Jamu kunyit asam dapat meredakan nyeri haid dengan mengurangi produksi hormone pemicu peradangan dan rasa nyeri yaitu prostaglandin.

Bukan hanya itu, asam jawa dalam jamu kunyit asam juga dapat berpengaruh terhadap sistem saraf serta otak. Dengan begitu, otak bisa mengirim sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim bisa mereda dan nyeri haid bisa berkurang.

6. Menurunkan berat badan

Buat kamu yang ingin mencapai berat badan ideal, jamu kunyit asam bisa jadi alternatif minuman sehat untuk menurunkan berat badan.

Manfaat kunyit asem bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi respon peradangan pada sel tubuh.

Dengan terjaganya kadar gula darah serta kolesterol, maka dapat menghindari kenaikan berat badan drastis. Risiko mengalami obesitas juga dapat di tekan.

Meski jamu kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, ibu hamil tidak di anjurkan untuk mengonsumsi jamu kunyit asam terutama dalam dosis besar. Alasannya, curcumin dalam jamu kunyit asam bekerja menyerupai hormon estrogen dalam tubuh. Konsekuensinya, curcumin dapat memengaruhi kerja homon hingga kontraksi uterus yang berisiko menyebabkan kelahiran prematur dan keguguran.

 

Lebih baru Lebih lama