Andaliman. (Foto: Istimewa)

MEDAN TOP  - Andaliman (Sichuan Pepper) merupakan rempah khas Toba Samosir, Sumatera Utara. Selain bumbu masak, manfaat andaliman juga cukup beragam. Andaliman bahkan memiliki sejarah dalam peta bumbu dunia.

Dikutip dari berbagai sumber, Andaliman merupakan bumbu khas Batak yang berasal dari buah golongan marga Zanthoxylum (anggota jeruk). Hal inilah membuat merica batak memiliki aroma jeruk yang lembut

Walaupun memiliki rasa yang lembut di sana, ada sensasi rasa pedas yang menggigit. Meskipun tidak sepedas lada atau cabai, rasa merica tersebut bahkan menyebabkan mati rasa di lidah. Rasa kelu di lidah ini disebabkan kandungan hydro-alpha-sanshool yang terdapat di dalam rempah ini.

Rempah yang satu ini juga banyak digunakan di beberapa Negara seperti India, Jepang, nepal, dan tiongkok. Negara-negara Asia menyebut Andaliman sebagai Szechwan Pepper.

Andaliman banyak digunakan masyarakat Batak sebagai bumbu utama untuk hidangan makanan khas mereka. Ada beberapa kuliner yang menggunakan bumbu ini. Contohnya Ikan Mas Arsik, Saksang, Mi Gomak, dan Ayam Pinadar.

Selain itu, rempah ini juga menjadi bumbu utama untuk pembuatan sambal khas Batak. Misalnya sambal Tuktuk dan Na Tinombur. Karena rasa pedasnya yang kuat, merica tersebut harus dalam takaran yang pas agar tidak merusak citarasa makanan

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, Andaliman ternyata memiliki khasiat buat kesehatan tubuh dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan obat dalam industri farmasi. Ini dikarenakan merica tersebut memiliki senyawa aromatik dan minyak esensial yang berperan sebagai antimikroba dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Dikutip dari laman greeners.co, karena kedua sifat anti didalamnya, Andaliman dapat dijadikan sebagai bahan pengawet alami. Adapun manfaat lainnya ialah sebagai bahan insektisida untuk mencegah pertumbuhan hama dan serangga.

Andaliman biasanyak banyak dijual dalam berbagai bentuk. Seperti berbentuk pasta, bumbu halus, dan masih utuh. Untuk membelinya, pilihlah rempah yang kering, beraroma kuat dan tidak lembap agar mendapat kualitas yang bagus.

Selain itu, merica batak sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup yang kedap udara dan kering. Hal ini bertujuan agar kualitasnya tetap terjaga.

Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Andaliman tidak hanya sekedar bumbu masakan, tetapi sebuah kekayaan alam. Sebab, rempah ini tidak dapat tumbuh selain di sekitar Danau Toba. Dan pohonnya juga hanya tumbuh di suhu yang dingin dan dataran tinggi.

Andaliman yang berbentuk bulat mungil biasanya tumbuh di pepohonan penuh semak dan batang berduri. Hal ini menyebabkan rempah tersebut susah dicari. Tetapi, karena banyak digunakan sebagai bumbu masak, Andaliman mulai banyak dibudidayakan oleh masyarakat Sumatera Utara. Kini, merica batak banyak tumbuh di Kabupaten Diri, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Tapanuli. (KITAKININEWS/ RED03)

Lebih baru Lebih lama