Merdeka Walk diwacana akan di relokasi. (foto : tempatasik)


Medan.top - Pembenahan Kota Medan menjadi lebih baik, terus dilakukan. Teranyar, Pemko Medan mewacana relokasi Merdeka Walk. Wacana ini dibenarkan Kabag Humas Setda Kota Medan, Arrahman Pane.

 

"Perencanaan relokasi (Merdeka Walk) ada, cuma masih rencana berjalan," ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (16/3/2021).

 

Wacana ini digelentorkan bersamaan dengan rencana penataan kawasan Kesawan. Pembenahan ini dilakukan dalam rangka menggairahkan kembali industri pariwisata yang sempat redup akibat pandemi virus corona atau covid-19, sehingga menggeliat kembali. Selain itu juga kesawan direncanakan menjadi pusat perekonomian pelaku UMKM.

 

"Ada beberapa langkah yang akan dijalankan untuk menata wilayah kota tua tersebut. Salah satunya merelokasi Merdeka Walk atau pusat kuliner yang ada di Lapangan Merdeka, yakni ke area gedung Warenhuis di Jalan Ahmad Yani VII," terangnya.

 

Ia bilang bila tempat relokasi Merdeka Walk tidak memadai, maka lokasi yang ada saat ini akan ditata. "Perencanaan heritage, pelaksanaan masih belum perpindahan belum tahu. Sehingga penataan dan bagaimana, cuma itu wacana ada pembenahan disitu (kesawan)," jelasnya.

Penataan kawasan Kesawan, diakuinya tidak bisa sekaligus berjalan. Ada tahapan yang harus dilalui. "Untuk tahap perencanaan ada, gak mungkin heritage jadi semua, harus pelan-pelan. Satu-satu lokasi dibenahi. Kalau ada penolakan, ini kan masih rencana. Jika ada penolakan dicari cara lain," urainya.

Rencana memindahkan Merdeka Walk yang ada di Lapangan Merdeka sebelumnya pernah dicetuskan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Mantan Pangkostrad itu ingin Lapangan Merdeka kembali ke fungsi awal, hingga menjadi ruang terbuka hijau.

 

Namun, pengelola Merdeka Walk masih terikat kerjasama kontrak dengan Pemko Medan. Untuk itu patut dinantikan realisasi rencana tersebut. Sehingga Pemko Medan bisa wujudkan rencananya membenahi Kota Medan.

Konsep Penataan Kawasan Kesawan

Berikut konsep penataan kawasan Kesawan yang diunggah ke Instagram resmi Pemko Medan @humaspemkomedan.

 

1. Penataan arcade Jalan Ahmad Yani yang akan dijadikan pedestarian dan areal angkringan

2. Penataan Lapangan Merdeka menjadi ruang terbuka hijau

3. Relokasi toko buku

4. Relokasi areal kuliner Merdeka Walk ke areal Warenhuis

5. Penataan Kawasan Jalan Perdana

6. Penataan sempadan Sungai Deli

7. Penataan Kawasan Pasar Ikan Lama

8. Penataan Kawasan Jalan Balai Kota

9. Penataan Kawasan Jalan Ahmad Yani.

 

Reporter : Amelia Murni

Lebih baru Lebih lama