Kapolda Sumut saat meninjau proses vaksinasi personel. (Foto: Istimewa)

MEDAN TOP  - Dalam upaya mendukung program pemerintah menanggulangi penyebaran dan pencegahan Covid-19, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara dan jajaran terus mempercepat proses vaksinasi kepada seluruh personil.

Tercatat ada sebanyak 20.149 jumlah personel Polda Sumut dan jajaran, namun yang telah menjalani proses vaksinasi tahap I sebanyak 14.034 personel dan vaksinasi tahap II ada sebanyak 3.833 personel. Sehingga totalnya sudah 17.867 personel Polda Sumut yang telah menjalani vaksinasi. 

"Sampai hari sebanyak 14.034 personel Polda Sumut dan jajaran yang telah menjalani vaksinasi tahap I dan 3.833 tahap II. Di mana jumlah seluruh personil Polda Sumut dan Polres jajaran sebanyak 20.149 orang," kata Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, Sabtu (27/3).

Dalam proses vaksinasi, Hadi mengungkapkan ada beberapa personel yang diprioritaskan dalam mengikuti imunisasi Covid-19 tersebut. Yang menjadi prioritas yaitu petugas kepolisian yang bertugas central pelayanan publik.

“Seperti petugas Bhabinkamtibmas, petugas SPKT, pelayanan SIM (Lantas), petugas pembuat SKCK. Intinya yang bertugas langsung berhadapan dengan masyarakat,” jelasnya.

Selama pelaksanaan vaksin, Polda Sumut telah menurunkan 429 tenaga kesehatan (Nakes). Para nakes itu terdiri dari Dokter umum dari Biddokes sebanyak 52 orang, Dokter umum Rumah Sakit Bhayangkara TK II Medan 13 orang dan dokter umum Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi 9 orang.

Hadi juga mengakui kalau para nakes yang menjadi vaksinator sudah mendapatkan pelatihan. Ia berharap program vaksinasi Covid-19 ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat memenuhi target yang diharapkan. 

"Dengan demikian target herd immunity akan segera tercapai sehingga pemulihan perekonomian nasional dan penanggulangan Covid-19 dapat tercapai lebih cepat pula," pungkasnya. (RED03)

 

Lebih baru Lebih lama