hief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto secara simbolis menyerahkan solusi berbasis Internet of Things (IoT) karya mahasiswa XLFL lima orang penerima manfaat solusi IoT dalam acara peringatan satu dasawarsa XL Axiata Future Leaders (XLFL) di Jakarta, Selasa (16/3/2021). (foto : istimewa)

Medan.top - Program XL Axiata Future Leaders (XLFL) yang merupakan inisiatif PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah memasuki tahun ke-10. Guna menandainya, XLFL akan menggelar 20 workshop gratis.

 

Workshop gratis digelar untuk anak-anak muda Indonesia selama 10 hari berturut-turut secara daring, 16-25 Maret 2021.  Ada juga penyerahan solusi IoT karya mahasiswa XLFL untuk diterapkan oleh masyarakat.

Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata, Marwan O. Baasir mengatakan, selama 10 tahun melalui XLFL, XL Axiata mempersiapkan para anak-anak muda Indonesia. Sehingga bisa menghadapi tantangan di masa depan. Melalui kemampuan berkomunikasi secara efektif, mengatasi perubahan, dan berpikir kreatif untuk mencari solusi.

 

Program XLFL menyiapkan generasi muda Indonesia untuk mampu tampil menjadi pemimpin di masa depan. "Kami berharap, dari 1.000 alumni yang pernah mengikuti program yang sangat bagus ini. Semuanya akan membawa nama harum Indonesia. Atau setidaknya bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya," ucap dia dalam siaran pers, Rabu (17/3/2021).

Marwan menambahkan, tema peringatan 10 tahun ini adalah “From Dreamers to Doers” atau “Jalan Pemimpi Jadi Pemimpin”. Tema yang selalu digaungkan oleh XLFL untuk para generasi muda calon pemimpin Indonesia di masa depan.

 

Menurutnya, tidak cukup dengan hanya bermimpi, kini waktunya para generasi muda untuk menjalani dan meraih mimpi tersebut. Dan membawa Indonesia ke wilayah yang lebih baik lagi.

 

XLFL Telah Diikuti Lebih dari 137.000 Pendaftar

 

Memasuki masa satu dasawarsa, XLFL telah diikuti oleh lebih dari 137.000 pendaftar. Sebanyak 1.300 mahasiswa peserta dan telah berhasil mencetak 1.000 alumni yang sebagian besar. Di antaranya telah memasuki dunia profesional dan tersebar di berbagai bidang.

Manajemen XL Axiata berkomitmen, XLFL akan terus menjadi bagian untuk turut mencerdaskan generasi muda Indonesia. Yakni melalui program pemberian pelatihan soft skill dan kepemimpinan untuk anak-anak muda Indonesia. Sehingga lebih bermanfaat untuk diterapkan di dalam kehidupan profesional mereka.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bidang Inovasi dan Kreativitas, Josua Simanjuntak, mengapresiasi XL Axiata dalam penyelenggaraan XLFL dan telah memasuki tahun ke-10. Menurutnya, tidak mudah untuk bisa konsisten menjalankan program seperti XLFL. Karena itu, Josua menyarankan perlunya kolaborasi dengan pemangku kepentingan yang lain.

 

Dia memberikan contoh, Kemenparekraf membuat program-program dengan beradaptasi dengan keadaan yang ada dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang terdiri dari ABGCM (Academy, Business, Government, Community, and Media).

“Kolaborasi inilah yang menghasilkan kreativitas. Memunculkan ide-ide baru hingga nantinya menciptakan inovasi-inovasi yang lebih inovatif dalam menghadapi tantangan-tantangan ke depan," tukasnya.

 

Reporter : Amelia Murni

Lebih baru Lebih lama