Kambing bermata satu yang lahir di Simalungun dalam kondisi sehat. (foto : Istimewa) Kambing bermata satu yang lahir di Simalungun dalam kondisi sehat. (Foto: istimewa) 


Medan.top
- Masyarakat yang berdomisili di Desa Nagari Purwosari, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun dihebohkan dengan kelahiran seekor kambing mata satu. Anak kambing ini lahir dengan satu mata yang begitu besar, bahkan mata kambing itu lebih besar dari mulutnya. Video itu pun viral di media sosial (medsos) Instagram.

Dalam video berdurasi 26 detik yang beredar tersebut, kambing berwarna cokelat putih itu, dipisahkan dengan kambing lainnya. Bayi kambing itu juga tampak sehat.

Warga yang mendokumentaskan video tersebut bernama Rum Ahmad Yusuf (36) mengatakan, dirinya mengambil video, itu pada Rabu (17/3/2021). Saat itu dia secara tak sengaja melihat kambing itu ketika pergi ke kampung orang tua di Pematang Bandar untuk ziarah.

"Ada saudara yang cerita soal kambing itu, jadi langsung lihat," kata Rum.

Rum pun mengaku kaget melihat bentuk kambing itu. Dia menuturkan, kambing itu milik warga setempat bernama Sukiman.

"Kata pak Sukiman bayi kambing ini lahir tadi malam, sekitar pukul 23.00 WIB," jelas dia.

Dari pengamatan di kandang kambing, kata Rum, kondisi kambing dalam keadaan sehat. Namun dia belum bisa berjalan secara sempurna.

"Tapi beda dengan kambing lainnya bayi kambing itu masih meminum susu dari botol, karena belum bisa disusui induknya," ungkapnya.

Kambing Mata Satu Pernah Ada di Sumedang

Sebelumnya, warga Desa Cigentur Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang digegerkan dengan kelahiran seekor anak kambing bermata satu. Sejak lahir pada Senin (22/6/2020), kandang kambing bermata satu tersebut selalu ramai dikunjungi warga yang merasa penasaran.

Kejanggalan fisik kambing bermata satu itu pun telah dilaporkan ke Dinas Peternakan setempat.

Reporter : Syahrial Siregar

Lebih baru Lebih lama