minum air putih cegah dehidrasi. (Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Medan.top - Agar tidak dehidrasi selama puasa, begini tipsnya. Menjalankan ibadah puasa bagi Umat Islam merupakan kewajiban. Oleh karena itu harus menjaga asupan makanan, gizi, hingga cairan di dalam tubuh agar tidak mudah dehidrasi atau kehausan.

Lantas, bagaimana caranya agar selama puasa tidak mudah dehidrasi? Apalagi, aktivitas dapat membuat cairan di tubuh berkurang, tidak jarang seseorang menjadi lemas karena kekurangan cairan. Melansir laman The Star, berikut tips supaya tidak mudah dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa Ramadan.


1. Hindari minuman yang mengandung kafein

Kafein memiliki efek diuretik yang meningkatkan produksi urine sehingga membuang garam dan air dari tubuh. Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan rasa haus, jadi untuk tetap terhidrasi sepanjang hari, sebaiknya minum air tawar saat sahur atau buka puasa. Kemudian konsumsi kurma supaya tubuh lebih berenergi.


2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Ketika berbuka puasa dianjurkan mengonsumsi makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Ini sangat baik untuk kesehatan tubuh yang seharian berpuasa. Kemudian makan buah dan sayuran juga dapat membantu menghidrasi tubuh. Jenis buah dan sayuran tertentu memiliki kandungan air yang tinggi dan menjadikannya sebagai sumber gizi sekaligus menyegarkan kembali tubuh setelah berpuasa seharian.

Kebutuhan Cairan Tubuh

hindari makanan pedas (Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

3. Hindari makanan terlalu pedas dan asin

Makanan terlalu pedas dan asin dapat meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap air. Gunakan dua rasa ini dalam porsi kecil saja. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidak terlalu banyak menggunakan garam atau rasa pedas dalam makanan. Ini akan membuat tubuh jadi mudah dehidrasi dan mengeluarkan banyak cairan.


4. Mengonsumsi lebih banyak elektrolit

Minum air putih saja tidak cukup untuk melawan dehidrasi yang terjadi, sehingga membutuhkan sesuatu yang lebih dari itu. Mengonsumsi minuman dengan kandungan elektrolit lebih cepat mengembalikan cairan tubuh. Meski begitu, tetap harus memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh. Caranya adalah dengan mengonsumsi cairan elektrolit dengan rendah gula atau bebas kalori.


Itulah beberapa cara agar tidak dehidrasi selama puasa. Jika memiliki aktivitas yang padat, sebaiknya serius menjaga kebutuhan cairan tubuh sehingga tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. Maka pikiran dan tubuh tetap fokus untuk menjalani semua aktivitas.

 

Redaksi

Lebih baru Lebih lama