Sumber : Hot - Liputan6.com


Medan.top
– Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Seseorang yang sudah diagnosis dengan tekanan darah tinggi biasanya membutuhkan obat untuk mengontrol penyakitnya. Selain minum obat, tekanan darah tinggi bisa dikontrol dengan modifikasi atau perubahan gaya hidup. Berikut beberapa cara menurunkan darah tinggi tanpa obat yang banyak di cari.

Cara Menurunkan Darah Tinggi

1. Dengan olahraga rutin

[caption id="attachment_9666" align="alignnone" width="741"]cara menurunkan darah tinggi dengan olahraga rutin Sumber : Jurnal Security[/caption]

Olahraga rutin bisa jadi cara menurunkan darah tinggi alami tanpa obat. Beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan penderita hipertensi di antaranya jalan kaki, lari, bersepeda, atau berenang selama 30 menit sehari. Atau bisa juga latihan olahraga selama 150 menit dalam seminggu. Bila terlalu berat mengerjakannya dalam satu waktu, kamu bisa berolahraga 75 menit seminggu dua kali.

Kunci sukses menurunkan darah tinggi dengan berolahraga kamu harus rutin dan konsisten. Selain berolahraga, jaga gaya hidup agar tetap aktif. Hindari kebiasaan terlalu banyak rebahan atau duduk. Usahakan beranjak dari tempat tidur atau tempat duduk setidaknya 30 menit sekali.

2. Kurangi asupan natrium

[caption id="attachment_9668" align="alignnone" width="741"] Sumber : JawaPos.com[/caption]

Natrium adalah salah satu asupan yang perlu dikontrol para penderita hipertensi. Penderita tekanan darah tinggi idealnya hanya boleh mengonsumsi natrium maksimal 1.500 miligram per hari.

Untuk mengurangi natrium, pastikan kamu teliti membaca label makanan yang dikonsumsi. Batasi jika ada natrium, sodium, dan garam.

Selain itu, hindari kebiasaan menaruh garam berlebih ke dalam makanan yang kamu masak. Satu sendok teh garam bisa mengandung 2.300 miligram natrium.

3. Perbanyak asupan kalium

[caption id="attachment_9669" align="alignnone" width="741"]cara menurunkan darah tinggi dengan Perbanyak asupan kalium Sumber : Alodokter[/caption]

Penderita tekanan darah tinggi perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalium. Kalium adalah mineral penting yang bisa membantu mengikat natrium dan melancarkan peredaran darah.

Makanan yang banyak mengandung kalium antara lain sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung. Bukan hanya sayuran, kentang, ubi jalar, tomat, melon, alpukat, jeruk , tuna, salmon, beras merah kacang polong, dan gandum utuh juga menjadi makanan yang tepat untuk penderita hipertensi.

4. Kurangi asupan kafein

[caption id="attachment_9670" align="alignnone" width="741"] Sumber : Parenting - Dream.co.id[/caption]

Produk berkafein seperti kopi, teh, cokelat, soda, dan minuman berenergi diketahui bisa meningkatkan tekanan darah hingga 10 mm Hg bagi orang yang jarang mengonsumsinya. Namun, orang yang sering minum asupan berkafein kemungkinan tekanan darahnya naik tidak terlalu signifikan.

Meski demikian, pertimbangkan efek jangka panjang konsumsi kafein pada tekanan darah yang rentan meningkat. Untuk itu, baiknya kamu mengurangi asupan berkafein apabila sedang menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Berhenti merokok

[caption id="attachment_9671" align="alignnone" width="741"] Sumber : Pikiran Rakyat[/caption]

Tekanan darah tinggi seseorang bisa naik selang beberapa menit setelah kelar merokok. Berhenti merokok bisa menjadi cara menurunkan darah tinggi secara alami tanpa obat selanjutnya. Bukan hanya itu, berhenti merokok juga bisa jadi cara mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Cukup tidur di malam hari

[caption id="attachment_9672" align="alignnone" width="741"] Sumber : Health kompas[/caption]

Kurang tidur bisa memengaruhi tekanan darah, terutama bagi orang berusia di atas 40 tahun. Seiring bertambahnya usia, kelenturan pembuluh darah pun akan berkurang sehingga dapat menyebabkan tekanan darah lebih mudah meningkat.

Biasanya, tekanan darah baru bisa turun saat kita sedang tidur. Studi mengungkapkan, tidur kurang dari tujuh jam setiap hari bisa meningkatkan risiko hipertensi. Bagi kamu yang sedang berupaya menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, pastikan untuk tidur cukup di malam hari.

Penulis : Rosi

Lebih baru Lebih lama