Medan.top – Buah alpukat sudah lama dikonsumsi orang-orang sebagai jus atau camilan sehat. Tak hanya buahnya, ternyata daun alpukat juga memiliki banyak manfaat tak terduga untuk kesehatan loh.

Daun alpukat mengandung serat dan antioksidan yang sangat baik seperti flavonoid dan fenol yang memiliki sifat anti inflamasi. Bukan hanya itu, daun alpukat juga mengandung seng, mangan, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, dan kalium. Meski memiliki rasa yang pahit, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diambil ketika mengonsumsi daun alpukat. Kebanyakan orang mengonsumsi daun alpukat dengan menjadikannya sebagai teh herbal.

Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat daun alpukat untuk kesehatan Sumber : Digital Poin

1. Mampu menurunkan hipertensi

Manfaat daun alpukat untuk kesehatan yang di sebutkan pertama, mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Daun alpukat mengandung flavonoid yang memiliki efek hipotensi alias darah rendah.

Untuk merasakan manfaat ini, kamu hanya perlu menyeduh tiga sampai lima lembar daun alpukat dengan air panas. Minum air seduhan daun alpukat saat hangat satu kali sehari.

2. Meredakan nyeri lambung

Daun alpukat memiliki efek antiulserogenik yang dapat meredakan sakit maag atau nyeri pada lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, seduh enam lembar daun alpukat dengan satu gelas air panas. Setelah dingin, minum air seduhan daun alpukat tersebut sehari sekali.

3. Menghilangkan batu ginjal

Siapa sangka, jika daun alpukat bisa menjadi obat herbal untuk mengatasi batu ginjal. Daun alpukat mengandung alkaloid, flavonoid, dan saponin. Selain itu, daun alpukat bersifat diuretik alias peluruh kencing, dan antibakteri.

Cara membuat obat herbal batu ginjal dengan daun alpukat sangat mudah. Siapkan 7 lembar daun alpukat dan 110 ml air. Cuci daun alpukat sampai bersih lalu rebus sampai mendidih dan menyisahkan air 100 ml.

Meminum dua cangkir air rebusan alpukat ini setiap hari mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan batu ginjal.

4. Meredakan asam urat

Daun alpukat mengandung saponin, alkaloida, flavonoid, polifenol, quersetin, dan gula alkohit persiit. Kandungan tersebutlah yang membuat daun alpukat berkhasiat untuk meredakan asam urat secara alami.

Membuat obat herbal daun alpukat untuk meredakan asam urat cukup mudah:

  • Sediakan tujuh lembar daun alpukat segar yang telah di cuci bersih.
  • Rebus daun alpukat dengan tiga gelas air sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar satu gelas.
  • Dinginkan, saring, lalu minum air rebusan daun alpukat dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Itulah beberapa manfaat tak terduga daun alpukat untuk kesehatan yang dapat kamu ketahui.

Penulis : Rosi

Lebih baru Lebih lama