Gubernur Edy saat melantik 7 kepala daerah di Sumut. (foto : tangkapan layar Youtube)


Medan.top - Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi melantik Tujuh kepala daerah terpilih,  Senin (26/4/2021). Yakni di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan. Dalam kesempatan itu, Edy juga menetapkan Wali Kota Binjai definitif.

 

Edy mengingatkan seluruh kepala daerah menjaga kebugaran tubuh. Agar dapat menjalankan tugas dan fungsi secara optimal. "Kesehatan itu perlu. Karena tugas bapak ibu itu harus turun ke lapangan, mengontrol melihat sawah yang tersumbat airnya. Untuk itu dengan segala hormat, olahraga lah kalian. Ajak dandim, kapolres olahraga. Sehingga dengan sempurna melakukan semua itu," ujarnya.

 

Selain itu Edy mengingatkan pentingnya esprit de corps kepada setiap kepala daerah. Harus terjalin kerja sama antara bupati/wali kota dengan gubernur. Menurutnya, hal tersebut penting agar visi-misi pembangunan di daerah sejalan dengan visi-misi provinsi dan pemerintah pusat.

 

"Visi presiden, visi gubernur tak boleh bertentangan. Begitu juga visi Bupati Wali Kota. Jangan salahkan kalau provinsi tak mengalirkan APBD-nya ke daerah. Uang kita sedikit, jadi prioritaskan yang utama," pesannya.

 

Gubernur Sumut kemudian mengingatkan kepada istri-istri kepala daerah untuk jangan mencampuri urusan pemerintahan. Bila perlu selalu mempertanyakan asal uang yang dibawa ke rumah. Gubernur juga meminta kepala daerah untuk menghindari korupsi.

 

"Saat ini kita naik ke ranking kedua persoalan dengan hukum. Ada tiga persoalan di Sumut, pertama jangan memperkaya orang lain. Kedua jangan memperkaya diri, mengambil suap dan meminta apapun yang bukan hak anda. Terakhir, jangan rugikan keuangan negara. Jangan bikin malu Sumut lagi," pungkasnya.

Berikut Nama 7 Kepala Daerah

Kepala daerah yang dilantik yakni; Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zonny Waldi; Bupati dan Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang-Theopilus Ginting.

 

Kemudian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua-Sowa'a Laoli; Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Hilarius Duha-Firman Giawa; Kemudian Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dan Era-era Hia; Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu-Usman Zega.

 

Lalu Bupati dan Wakil Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom-Martua Sitanggang; Plt Wali Kota Binjai, Amir Hamzah dilantik sebagai Wali Kota Binjai definitif. Setelah Wali Kota terpilih Juliadi, meninggal dunia diduga akibat Covid-19.

 

Redaksi

Lebih baru Lebih lama