Indeks Saham Syariah Baru Diluncurkan saat Nuzulul Quran. (foto : istimewa)


Medan.top - Perkembangan yang signifikan pada saham-saham syariah di Bursa Efek Indonesia (BEI) mendorong lahirnya indeks saham syariah baru yang akan diluncurkan, Kamis (29/4/2021).

 

"Indeks diluncurkan dalam Momentum Nuzulul Quran di 17 Ramadhan 1442 H, yang menandai dimulainya perhitungan pergerakan Indeks IDX-MES BUMN 17," ucap Kepala Perwakilan BEI Sumut, Pintor Nasution akhir pekan lalu.

 

Kata Pintor indeks IDX-MES BUMN 17 berisi 17 saham BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Yakni yang telah ditetapkan sebagai saham syariah baru oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Ia bilang, jumlah saham syariah di BEI bertambah sebesar 84%. Kapitalisasi saham yang tercatat dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) memiliki kontribusi sebanyak 49% atau Rp 3 493 triliun. Yakni dari total seluruh saham yang tercatat pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) per 16 April 2021.

 

Pintor bilang saham BUMN menjadi penggerak pasar saham Indonesia. Kapitalisasi saham BUMN tercatat sebesar Rp1.733 triliun atau 24% dari total IHSG. Sementara rata-rata transaksi harian saham BUMN terus meningkat. Selama 2020 tercatat sebanyak Rp3,4 triliun rata-rata transaksi harian saham BUMN.

 

"Indeks IDX-MES BUMN 17 menjadi acuan dalam memilih saham-saham BUMN. Dan mengukur kinerja teknikal ke-17 saham BUMN yang memenuhi syarat saham syariah," terang dia.

Konstituen IDX-MES BUMN adalah BUMN dan Anak BUMN

 

Konstituen IDX-MES BUMN 17 mengukur kinerja harga dari 17 saham syariah. Yakni yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak BUMN.

 

“Saat ini ada 34 saham BUMN yang tercatat di BEI dan 22 di antaranya masuk ke dalam kriteria saham syariah,” jelasnya.

 

BEI menetapkan 30 Desember 2015 sebagai tanggal dasar perhitungan indeks. Yakni dengan nilai awal 100. Akan ada empat kali evaluasi setiap tahun yaitu untuk evaluasi mayor pada bulan Mei dan November (efektif hari bursa pertama Juni dan Desember). Kemudian evaluasi minor pada bulan Februari dan Agustus (efektif hari bursa pertama Maret dan September).

 

Melalui Pengumuman No. Peng-00101/BEI.POP/04-2021, BEI telah merilis ke-17 saham BUMN yang terpilih menjadi konstituen awal indeks adalah ANTM, BRIS, ELSA, INAF, KAEF, PGAS, PPRE, PTBA, PTPP, SMBR, SMGR, TINS, TLKM, WEGE, WIKA, WSBP, WTON.

 

Reporter : Amelia Murni

Lebih baru Lebih lama