Sumber : CNN Indonesia


Medan.top – Salah satu vitamin yang sejak dulu dikenal baik untuk dikonsumsi serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit adalah vitamin C. Vitamin C sangat mudah untuk diperoleh baik dari asupan makanan maupun suplemen.

Pada makanan, vitamin C dapat di temukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran seperti jeruk, kiwi, nanas, brokoli dan lain sebagainya. Manusia perlu mengonsumsi vitamin C setiap hari agar bisa merasakan manfaat vitamin C secara optimal.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

[caption id="attachment_9696" align="alignnone" width="741"]Manfaat vitamin c untuk kesehatan tubuh dan kulit Sumber : KlikDokter[/caption]

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Membantu

Proses Pemulihan

Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Oleh karena itu, penyakit seperti batuk dan pilek dapat diatasi dan dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

Selain itu, vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti penyakit kanker, jantung, dan stroke. Tidak hanya itu, vitamin C juga dipercaya bisa mencegah katarak serta membantu proses penyembuhan luka.

2. Memperlambat Penuaan Kulit

Manfaat vitamin C untuk tubuh yang sayang di lewatkan yakni dapat memperlambat penuaan kulit. Vitamin C dapat membantu menghambat sel-sel yang menua sehingga mencegah kulit dari penuaan dini. Vitamin C akan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang merupakan protein yang di butuhkan untuk membantu mencegah keriput, flek hitam, menjaga keremajaan dan memperlambat proses penuaan.

3. Mengatasi Peradangan Kulit

Peradangan pada kulit di dasari oleh sejumlah kondisi. Seperti dermatitis atopik, psoriasis dan jerawat, dengan gejala termasuk rasa sakit, kekeringan, dan gatal. Oleh karena itu, perawatan untuk peradangan kulit di targetkan pada kondisi yang mendasarinya dan pemeliharaan struktur epidermis kulit. Nah, nutrisi seperti vitamin C memainkan peranan yang sangat penting dalam kedua aspek tersebut. Vitamin C sering di gunakan dalam formulasi anti-inflamasi, bahkan memiliki khasiat yang jauh melampaui kapasitasnya sebagai antioksidan inflamasi dalam lingkungan patologis.

4. Mencerahkan Kulit Secara Alami

Vitamin C mampu memperlancar peredaran darah dan aliran nutrisi menuju kulit. Pembuluh darah yang kecil yang berada di bawah kulit bertugas membawa oksigen dan berbagai nutrisi untuk menjaga kulit kamu akan tetap sehat, segar dan cerah. Bila nutrisi vitamin C kurang, berakibat membuat kulit menjadi kusam, kering, dan kasar.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat vitamin C bagi tubuh juga turut menjaga kesehatan mata. Loh, “Bukannya vitamin yang di butuhkan oleh mata adalah vitamin A?” Mungkin itu pertanyaan yang muncul di benak kamu sekarang. Organ mata memang membutuhkan vitamin  A untuk menjaga kesehatannya, tetapi vitamin C juga berperan penting untuk mencegah terjadinya penyakit mata katarak dan juga rabun serta tumor mata.

Penulis : Rosi

Lebih baru Lebih lama