Sumber : Futuready


Medan.top
– Saat memasuki bulan Ramadhan biasanya akan banyak perubahan yang dialami. Perubahan yang pasti akan dialami ialah pola makan. Tak hanya pola makan, banyak orang juga mengurangi atau bahkan berhenti berolahraga pada bulan puasa. Padahal, puasa bukan jadi alasan untuk libur menjalankan rutinitas olahraga. Perlu kita ketahui, olahraga di haruskan untuk memperkuat tubuh. Maka dari itu, tidak ada salahnya melakukan olahraga meskipun sedang berpuasa. Ketahui 4 manfaat penting olahraga saat puasa di bawah ini.

Manfaat Olahraga Saat Puasa

[caption id="attachment_10585" align="alignnone" width="741"]manfaat olahraga saat puasa Sumber : TIMES Indonesia[/caption]

1. Mampu Menurunkan Berat Badan

Faktanya, banyak orang justru bertambah gemuk selama bulan puasa. Hal ini di sebabkan oleh kebiasaan makan saat sahur dan buka dalam jumlah banyak, sementara aktivitas dan kesibukan tubuh justru semakin berkurang. Akibatnya, lemak akan menumpuk dan berat badan semakin meningkat.

Nah, olahraga saat berpuasa itu penting agar kamu dapat mengimbangi konsumsi makanan dengan aktivitas tubuh yang cukup. Dengan melakukan olahraga, makanan yang kamu konsumsi lebih mudah di jadikan energi melalui pembakaran bahkan bisa menurunkan berat badan secara perlahan loh.

2. Membuat Tubuh Tetap Segar dan Berenergi

Berpuasa bukan jadi alasan untuk tampak lesu dan lemas sepanjang hari. Agar tubuh tetap segar dan berenergi, kamu membutuhkan aktivitas olahraga ringan. Olahraga bisa membuat kita berkeringat, manfaat berkeringat adalah keluarnya hormon endorfin yang dapat memicu rasa bahagia dan bersemangat. Dengan begitu, tubuh akan tetap segar berenergi dan kamu tak akan terlihat lesu meski beraktivitas sambil berpuasa seharian.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Di bulan puasa, banyak orang mengonsumsi makanan dan minuman manis seperti kolak dan es buah. Hal ini kerap meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi gula darah yang tinggi karena terlalu banyak mengonsumsi asupan gula. Nah, olahraga dapat meningkatkan insulin yang mencegah penyakit diabetes.

4. Detoksifikasi

Proses detoksifikasi akan terjadi saat sistem pencernaan seseorang bekerja. Ketika berpuasa, sistem pencernaan seseorang beristirahat. Dengan melakukan olahraga akan membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Berolahraga saat puasa mampu memperlancar aliran darah dan kelenjar getah bening. Hal ini membuat detoksifikasi pada tubuh menjadi lebih lancar.

Itulah beberapa manfaat penting olahraga saat puasa yang dapat kamu ketahui. Saat berpuasa, pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti berjalan santai, bersepeda, dan yoga. Hindari melakukan olahraga dengan intensitas yang berat. Olahraga berat dapat menghabiskan energi dalam jumlah besar dan dapat menyebabkan dehidrasi.

Penulis : Rosi

Lebih baru Lebih lama