Carsome Insights 2020 menetapkan Toyota Innova dan Avanza teratas top 5. (foto : istimewa)


Medan.top
- Mobil MPV yang ramah keluarga ternyata masih jadi minat utama pasar. Berdasarkan Carsome Insights 2020, Toyota Innova dan Avanza posisi teratas top 5 merek mobil bekas paling populer di 2020. Sebutlah  Toyota Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda CR-V, dan Honda Jazz. Menarik, karena di 2019, Toyota Avanza berada di peringkat teratas mendahului Toyota Innova. Sedangkan Honda CR-V dan Honda Jazz menggantikan Honda Mobilio dan Daihatsu Agya.

 

Berdasarkan data Carsome, perbedaan umur mobil yang laris terjual sepanjang 2019 dan 2020 ternyata cukup signifikan. Mobil bekas berumur 2-5 tahun  dominan laku terjual (2019). Pada 2020, justru mobil berusia 6-8 tahun yang lebih laku terjual. Perbedaan umur mobil bekas ini dapat disebabkan oleh pandemi Covid-19. Pasalnya wabah ini menuntut masyarakat untuk menjaga kestabilan cash flow.

 

General Manager Carsome Indonesia Delly Nugraha mengatakan, berdasarkan hasil Carsome Consumer Survey menunjukkan jumlah warga Indonesia yang ingin menjual mobilnya meningkat. "Jumlah ini meningkat jauh sebelum PSBB. Kini setelah PSBB meningkat sebesar 52 persen. Konsumen ingin meremajakan mobil mereka," terangnya.

 

Minimalisir Virus Covid-19

 

Memasuki 2021, perkiraan tren industri mobil bekas masih menjadi topik pembahasan. Pandemi Covid-19 menjadi faktor besar menentukan tren musim lalu dapat tetap bertahan di 2021. Sehingga gaya hidup masyarakat berubah. Kini masyarakat cenderung beralih ke kendaraan pribadi, dan tidak menggunakan transportasi umum demi meminimalisir penyebaran virus Corona.

 

Toyota Avanza, Daihatsu Xenia pun Nissan Livina mulai mengimbangi penjualan Mazda CX3, Mazda CX5, Honda HR-V, dan Toyota Innova. Apalagi masyarakat butuh kendaraan yang menampung muatan lebih banyak untuk membawa keluarganya. Data Carsome juga menyebutkan, Toyota Innova dan Avanza posisi teratas penjualan kendaraan mobil bekas yang populer. Kemudian diikuti Honda dan Daihatsu, lalu Suzuki.

 

Sisi lain, pemerintah telah menerapkan insentif pajak PPnBM 0 persen per Maret 2021 ini. Khususnya untuk mobil penumpang 4x2 berkapasitas mesin dibawah 1.500 cc. Termasuk juga sedan, yang kandungan lokalnya mencapai 70 persen. Carsome menilai tren yang akan terjadi di 2021 akan terjadi beberapa perubahan. Salah satunya, banyaknya orang yang menjual mobil lama, dan membeli mobil baru karena harga yang terjangkau.

 

Delly mengungkapkan, prediksi tipe dan merek mobil yang menjadi high-demand selama 2021  tidak terlalu berbeda dengan tahun sebelumnya. “Kendaraan jenis MPV compact & merek Jepang seperti Toyota, Honda, dan Nissan,” sahutnya.

 

Selain itu, konsumen juga cenderung memilih mobil dengan usia muda sekitar 3-5 tahun. Laporan Inventure terbaru Carsome juga menemukan sebesar 75,1 persen responden menginginkan fitur mobil yang membantu mengurangi risiko infeksi virus. “Beberapa mencakupi sirkulasi udara yang lebih baik, jarak antar kursi, dan sistem sanitasi,” pungkasnya.

 

Redaksi

Lebih baru Lebih lama