Sumber : Lifepack.id


Medan.top – Sejak dulu, licorice sudah sering digunakan sebagai pemanis dalam permen atau minuman. Bukan hanya itu, licorice ternyata juga banyak digunakan sebagai obat kesehatan lho. Apa saja manfaat licorice untuk kesehatan?

Manfaat Licorice untuk Kesehatan

Manfaat Licorice untuk Kesehatan Sumber : Dokter Sehat

Licorice disebut juga dengan nama lain akar manis. Kandungan gizi yang terdapat di dalam akar manis ini yaitu protein, karbohidrat, gula, vitamin A, dan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan glycyrrhizin. Tanaman yang berasal dari Eropa selatan dan Asia ini telah lama di pakai sebagai obat-obat herbal. Berikut 6 manfaat licorice untuk kesehatan yang dapat kamu ketahui.

1. Mampu memperlancar pernapasan

Bagi kamu yang mempunyai gangguan pernapasan dan batuk, mengonsumsi suplemen yang mengandung estrak licorice dipercaya mampu membantu memperlancar pernapasan dan meredakan batuk. Estrak licorice bekerja dengan cara memproduksi lendir sehat di sistem pernapasan, sehingga memudahkan pernapasan.

2. Mengobati masalah kulit

Ekstrak akar manis dipercaya mampu mengatasi kulit yang gatal dan meradang pada penderita eksim. Tanaman herbal ini dapat di jadikan bahan untuk obat kulit karena kandungan sifat antibakterinya. Tak hanya eksim, licorice juga mampu menangkal efek kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari serta mampu memperbaiki kondisi hiperpigmentasi kulit.

3. Mengatasi nyeri ulu hati

Sering merasakan nyeri pada ulu hati? sebaiknya coba mengonsumsi produk yang mengandung licorice. Menurut penelitian, licorice mampu mengurangi gejala nyeri pada ulu hati karena memiliki asam glycyrrhizic, yaitu senyawa yang bersifat antiradang. Selain itu, senyawa ini bisa mencegah penyebaran bakteri H.pylori di lambung dan usus yang menyebabkan gejala nyeri ulu hati. Ekstrak licorice juga dapat mempercepat perbaikan pada dinding saluran pencernaan dan membantu meringankan gejala gangguan pencernaan.

4. Membantu mengatasi kanker

Siapa sangka jika licorice di duga memiliki kandungan yang bisa mengatasi penyakit kanker, Bahkan, beberapa pengobatan China telah lama menggunakan akar ini untuk penyakit kanker. Penyakit kanker yang bisa di atasi oleh licorice adalah kanker payudara, kanker lambung, dan kanker prostat. Meski demikian, masih di butuhkan penelitian lebih lanjut untuk dugaan tersebut, kamu bisa berkonsultasi oleh dokter sebelum mengonsumsinya.

5. Mengurangi permasalahan gigi

Jika kamu pernah menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak licorice, mungkin sudah tidak asing lagi dengan manfaatnya yang satu ini. Pasta gigi yang mengandung ekstrak licorice dapat mengurangi permasalahan gigi. Meski begitu, kamu tetap bisa berpikir dua kali untuk memakainya dalam jangka panjang, karena pasta gigi ini tidak membuat plak pada gigi berkurang.

6. Meredakan stres

Ketika mengalami stres, kelenjar adrenal akan berusaha untuk memproduksi hormon adrenalin dan kortisol (hormon stres) secara konstan. Akibatnya, kedua hormon itu akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh. Nah, akar licorice yang di ekstrak dapat menekan tubuh agar tidak mengeluarkan hormon adrenalin terus-menerus.

Di samping itu, ekstrak akar manis ini juga dapat membantu mengendalikan kadar hormon kortisol dalam tubuh sehingga jumlahnya tidak berlebih. Dengan begitu, gejala stres yang rasakan bisa mereda.

Lebih baru Lebih lama