Sumber : Saat Santai


Medan.top - Banyak yang tidak tahu, ternyata castor oil atau yang lebih dikenal dengan sebutan minyak jarak, memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

Minyak jarak di ekstrak dari biji tanaman jarak. Oily ini kaya akan kandungan vitamin E, mineral, protein, dan nutrisi lain yang sangat berkhasiat bagi kesehatan kulit serta rambut. Minyak jarak sendiri memiliki aroma yang menyengat dan warna yang bervariasi. Mulai dari tidak berwarna hingga berwarna kuning sangat pucat.

Kini, industri kosmetik di dunia sudah banyak yang menggunakan minyak jarak sebagai salah satu bahan utama dalam produk perawatannya. Hal ini di mungkinkan, karena minyak ini juga mengandung asam risinoleat yang tinggi. Asam risinoleat adalah suatu asam lemak Omega-9 tak jenuh dan suatu asam hidroksil yang memiliki kemampuan anti-inflamasi serta anti-bakteri.

Berikut Berbagai manfaat minyak jarak untuk kesehatan kulit dan rambut:

Manfaat Minyak Jarak untuk Kulit

[caption id="attachment_10549" align="alignnone" width="741"]Manfaat Minyak Jarak untuk Kulit Sumber : Lifestyle - OkeZone.com[/caption]

1. Mampu menyamarkan bekas jerawat

Manfaat minyak jarak yang di sebutkan pertama mampu merangsang pembentukan sel kulit baru sehingga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat, luka, dan keloid. Selain itu, minyak jarak juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Minyak jarak mengandung asam yang dapat memecah minyak di wajah yang menyumbat kelenjar dan pori-pori serta mengandung anti-bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

2. Mengurangi peradangan dan pembekakan

Siapa sangka, bila minyak jarak juga memiliki sifat anti-radang yang dapat meringankan rasa sakit dan pengelupasan kulit akibat sengatan matahari. Selain itu, minyak ini juga dapat membantu mengatasi pembekakan pada jerawat yang meradang dan pembengkakan pada kantung mata.

3. Mencegah keriput

Radikal bebas bebas dapat mempercepat penuaan. Namun jangan khawatir, minyak jarak mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini seperti garis-garis halus dan keriput.

4. Melembabkan kulit

Minyak jarak mengandung emolien dan trigliserida yang dapat menjaga kelembapan kulit sehingga mampu mencegah kulit kering atau kulit mengelupas. Pastinya kamu sudah tahu, jika kulit yang selalu terjaga kelembapannya tentu akan senantiasa terlihat sehat dan awet muda.

5. Mengatasi bibir kering

Bibir kering menjadi salah satu masalah yang kerap di alami oleh wanita. Minyak jarak mengandung emolien yang terbukti ampuh mengatasi kulit bibir yang kering. Hal ini dipercaya karena sudah banyaknya produk lipstik atau lip gloss yang menggunakan minyak jarak sebagai salah satu bahan pembuatannya.

Manfaat Minyak Jarak untuk Rambut

[caption id="attachment_10548" align="alignnone" width="741"]Manfaat Minyak Jarak untuk Rambut Sumber : Magazine Job-Like[/caption]

1. Mampu mengatasi rambut rontok

Minyak jarak mengandung asam risinoleat dan asam lemak esensial Omega-6 yang mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Kandungan ini juga memberi nutrisi pada kulit kepala dan memperkuat akar rambut. Dengan begitu, rambut tidak lagi mudah rontok maupun patah.

2. Mengatasi rambut kering dan bercabang

Minyak jarak kaya akan kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai pelembab alami. Kandungan tersebut sangat cocok di gunakan sebagai cara untuk mengatasi rambut kering dan bercabang. Nah, mengusapkan minyak jarak pada kulit kepala dan rambut secara teratur dipercaya mampu membuat rambut menjadi sehat lebih cepat.

3. Mengatasi ketombe dan infeksi kulit kepala lainnya

Minyak jarak memiliki sifat antimikroba yang bisa melawan kuman penyebab ketombe. Sementara kandungan ricin di dalamnya berfungsi sebagai pembasmi jamur. Keduanya bekerjasama sebagai pelindung kulit kepala dari bakteri ketombe, jamur penyebab dermatitis seboroik, dan infeksi kulit lainnya.

Itulah beberapa manfaat minyak jarak untuk kesehatan kulit dan rambut yang bisa kamu ketahui.

Penulis : Rosi

Lebih baru Lebih lama