ngantuk setelah sahur (Foto: Ilustrasi/pexels.com)

Medan.top - Ngantuk setelah sahur, Ini tipsnya. Umumnya setelah sahur, kita akan mudah terserang kantuk dan kembali tidur. Padahal, kebiasaan ini berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Namun melawan kantuk setelah sahur bukanlah hal yang mudah. Menahan untuk tidak tidur setelah makan sahur merupakan langkah yang tepat. Dengan demikian, sistem pencernaan memiliki waktu lebih lama untuk menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi dengan lebih baik. Bagaimana caranya?

1. Tidur Lebih Awal

Trik pertama usir kantuk setelah sahur adalah tidurlah lebih awal. Pada dasarnya kemungkinan kamu merasa mengantuk karena kebutuhan tidur belum tercukupi. Oleh karena itu untuk menyiasatinya maka usahakan selama Ramadan geser jam tidur jadi lebih awal dari biasa.

2. Alihkan Keinginan Tidur

Cara berikutnya usir kantuk setelah sahur adalah mengalihkan keinginan tidur dengan melakukan berbagai aktivitas misalnya mencicil pekerjaan kantor atau menonton televisi.

3. Mandi atau Wudu Air Dingin

Air dingin bisa mengurangi rasa malas saat bangun pagi hari. Jika tak memungkinkan mandi, cukup dengan berwudu dengan air dingin bisa menjadi sinyal bagi tubuh untuk segera beraktivitas.

4. Minum air jahe

Minum air jahe bisa usir kantuk setelah sahur. Biasanya supaya tubuh bisa langsung terasa segar terjaga kita mengonsumsi kafein dari kopi. Namun, minum kopi saat sahur tidak baik karena bisa membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan. Untuk mengakalinya bisa mengonsumsi minuman jahe. Minum jahe lebih menguntungkan selain teh atau kopi karena salah satunya bisa menjaga pH atau tingkat keasaman lambung.

Usir Kantuk

[caption id="attachment_10613" align="alignnone" width="900"] olahraga di dalam ruangan (Foto: Ilustrasi/Pexels.com)[/caption]

5. Air putih

Kadang hal sederhana seperti minum air putih saja saat sahur dapat membantu tubuh kita untuk cepat kembali terjaga dan usir kantuk.

Air putih membantu mengalirkan oksigen pada otak sehingga kamu menjadi lebih segar dan tidak menguap-nguap. Segelas air juga terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kamu jadi lebih cepat bangun.

6. Olahraga pagi

Olahraga pagi juga bisa usir kantuk setelah sahur. Cukup dengan jalan kaki saja sudah cukup. Berjalan kaki di pagi hari bisa membuat kamu bersemangat sepanjang hari. Sebab, ketika berjalan kaki, kita mengaktifkan sistem tubuh dengan cepat, denyut nadi meningkat, pernapasan semakin lancar dan tingkat kesadaran semakin meningkat.

Menghindari keinginan tidur setelah sahur dengan banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan setelah makan sahur tentu lebih baik. Bila tak ingin cepat mengantuk, lakukan berbagai tips tersebut. Selain itu jangan lupa, pilih menu sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, agar Anda bisa menahan lapar lebih lama namun tetap bertenaga. Begitulah mengatasi ngantuk setelah sahur ini tipsnya. Selamat mencoba.

 

Redaksi

Lebih baru Lebih lama