Sumber : RuangMom


Medan.top
– Asam lambung merupakan suatu penyakit yang umum dialami. Penyakit asam lambung bisa terjadi pada anak-anak, orang dewasa, maupun orang tua. Saat asam lambung kambuh dan obat di rumah sedang habis, tentu membuat kamu bingung harus melakukan cara apa untuk mengatasi asam lambung.

Umumnya, asam lambung sering kambuh di karenakan pola makan yang tidak teratur dan salah memilih makanan. Adapun beberapa cara mengatasi asam lambung yakni seperti menghindari makanan pedas, makanan tinggi lemak serta mengatur pola makan yang teratur.

Selain itu, ada banyak bahan alami yang bisa di jadikan sebagai cara mengobati asam lambung loh. Cara ini cukup mudah dan di percaya ampuh untuk mengatasi berbagai gejala penyakit asam lambung, seperti mual dan nyeri ulu hati.

Cara Mengatasi Asam Lambung

Asam lambung dapat naik ke kerongkongan (esofagus) akibat katup antara kerongkongan dan lambung melemah atau mengalami gangguan. Kondisi ini di sebut dengan penyakit asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease). Penyakit asam lambung yang bersifat ringan umumnya masih bisa di tangani sendiri di rumah dengan meminum obat dari apotik atau bisa dengan menggunakan beberapa bahan alami di bawah ini.

Jahe

[caption id="attachment_10631" align="alignnone" width="741"]cara mengatasi asam lambung dengan jahe Sumber : Kompas.com[/caption]

Bahan alami pertama yang di sebutkan mampu mengatasi penyakit lambung adalah jahe. Jahe dapat berfungsi untuk membasmi bakteri Helicobacter Pylori yang terdapat pada asam lambung. Dengan adanya jahe, bakteri ini akan terurai sehingga dapat meredakan penyakit asam lambung yang kambuh.

Selain itu, jahe juga dapat mengatasi masalah pencernaan lain, seperti perut kembung dan mual loh. Untuk mengatasi penyakit asam lambung dengan jahe, kamu bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat.

Teh Herbal

[caption id="attachment_10630" align="alignnone" width="741"] Sumber : detikFood - Detikcom[/caption]

Ada beberapa teh herbal yang bisa di gunakan untuk mengatasi penyakit asam lambung seperti teh chamomile dan teh licorice. Kedua teh ini dapat di gunakan untuk meredakan rasa mual saat asam lambung mulai menyerang. Biasanya kedua teh ini di seduh bersamaan dengan madu dan lemon agar dapat meredakan sakit lambung dengan efektif.

Lidah Buaya

[caption id="attachment_10632" align="alignnone" width="741"] Sumber : biem.co

Lidah buaya memang di kenal sebagai tanaman yang multifungsi. Selain di kenal baik untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga di kenal baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya bisa meredakan asam lambung yang kambuh. Kemampuan tersebut di percaya berkat kandungan vitamin yang ada pada gel lidah buaya.

Penulis : Rosi

Lebih baru Lebih lama