Sumber : BKMG.


Medan.top - Daerah Pinangsori, Tapanuli Tengah diguncang gempabumi tektonik, Rabu (7/4/2021) pukul 22:50:17 WIB.  Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan Magnitudo = 4,2, atau 4,2 skala richter.

 

"Episenter terletak pada koordinat 0,65 LU dan 98,49 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km TimurLaut Nias Selatan - Sumatera Utara pada kedalaman 19 km," jelas Plt. Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Eridawati dalam pernyataannya.

 

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas subduksi yang berada di Bagian Barat Pulau Sumatera. Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Pinangsori I-II MMI. "Atau biasanya dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda ringan yang menggantung bergerak, misalnya lampu gantung," teran Eridawati.

 

Hingga pukul 23:30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempabumi susulan (aftershock). Untuk itu, kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg," terangnya.

Redaksi

Lebih baru Lebih lama