Camat Medan Timur ikut membersihkan saluran drainase Jalan Ampera. (foto : pemkomedan)


Medan.top –  Saluran drainase di sepanjang Jalan Ampera Medan Timur sudah tinggi. Untuk membersihkan dan mengangkat sendimen, alat berat dibutuhkan.

 

"Kami tetap melakukan peremajaan saluran drainase di lokasi ini. Akan tetapi hasilnya tidak maksimal. Artinya alat berat dibutuhkan untuk mengangkat sendimen yang sudah tinggi. Oleh karena itu kami akan mengusulkan ke Dinas PU untuk membantu pengorekan sendimen,” ucap Camat Medan Timur, Odie Batubara usai gotong royong massal di Kelurahan Glugur Darat I, Minggu (4/4/2021).

 

Odie menuturkan kegiatan bertujuan untuk mewujudkan program Wali Kota Medan, Bobby Nasution di bidang Infrastruktur dan penanganan banjir.

Kabag Tapem Pemko Medan, M Rasyid Ridho Nasution juga tampak hadir guna memantau langsung pelaksanaan gotong royong massal.  Gotong royong membersihkan saluran drainase dari sampah, rumput liar dan sendimen. Setelahnya langsung diangkut ke dalam truk milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. Kemudian langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). "Artinya jangan sampai dibiarkan di pinggir jalan," jelas Odie.

 

Warga Kerap Buang Sampah di Drainase Jalan Ampera

Dijelaskan Odie, masyarakat kerap membuang sampah di saluran drainase sepanjang Jalan Ampera ini. Karena itu Jajaran Kecamatan Medan Timur melakukan gotong royong membersihkan saluran drainase. Kemudian memberikan edukasi kepada masyarakat, agar tidak membuang sampah ke drainase.

Seorang warga yang ikut bergotong royong, Suhaimi Padang, mengungkapkan kegiatan ini sangat membantu dalam mewujudkan lingkungan yang bersih. Artinya gotong royong ini dapat membuat saluran parit di lingkungannya bersih. Apalagi di tempat ini sering terjadi genangan air yang membuat warga kurang nyaman. Oleh sebab itu dirinya dengan suka cita bersama warga lainnya ikut membantu membersihkan saluran parit dari sampah dan sendimen.

"Kami berterima kasih kepada pak Wali Kota Medan dan Wakil Wali Kota Medan serta jajaran Kecamatan Medan Timur yang sudah memprogramkan gotong royong di lingkungan ini. Diharapkan gotong royong ini apalagi dengan keikutsertaan warga dapat mengatasi permasalahan sampah dan genangan air yang terjadi selama ini," tukasnya.

 

Reporter : Amelia Murni

Lebih baru Lebih lama