Sumber : grid


Medan.top - Bawang goreng jadi salah satu bahan yang wajib ada di tiap rumah.  Bahan satu ini bisa memberi aroma yang menyenangkan di hidung, mulut  serta lidah. Apalagi jika bawang goreng renyah.  Makin nikmat tentunya.

 

Karena itu, menyetok bawang goreng di rumah adalah ide yang cerdas. Tapi, daripada beli, lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Selain enak, bawang goreng buatan kita pun bisa renyah tahan lama dengan tips dari sajian sedap. Berikut cara pembuatan bawang goreng  renyah yang tahan lama!

 

Iris tipis bawang merah goreng.

 

Jangan terlalu tebal, jangan juga terlalu tipis. Kalau terlalu tebal, bawang mungkin renyah diluar tapi masih basah di dalam. Kalau sudah begini kerenyahannya tidak bisa tahan lama.

Keringkan sebentar. Kemudian setelah dipotong, tata melebar di atas tampah. Biarkan dulu supaya mengering dan kadar airnya semakin berkurang. Kurang lebih selama setengah jam. Cara ini akan membuat renyahnya bawang goreng bisa bertahan lama.

Taburkan tepung maizena di atasnya untuk perenyah. Sedikit saja. Karena kalau kebanyakan bisa jadi hasilnya mirip bawang merah goreng tepung.

Kemudian goreng dengan minyak kelapa.  Untuk bawang goreng yang renyahnya tahan lama, gunakan minyak kelapa. Bisa juga menggunakan minyak sayur biasa, tapi renyahnya tidak bisa bertahan selama minyak kelapa. Kemudian masukkan bawang merah saat minyak telah panas.

Goreng dalam api kecil saja sambil terus diaduk supaya matangnya merata dan kering betul. Dengan begini, bawang goreng renyah bisa tahan lama. Lalu angkat sebelum cokelat. Nantinya, bawang yang keemasan itu akan menyokelat kemudian.

 

Tiriskan

Bawang merah sebaiknya dibiarkan dulu di atas penirisnya untuk beberapa saat. Jangan langsung dituang ke atas kertas minyak. Minyak yang menyerap di kertas akan mengenai bawang merah, membuatnya basah dan akhirnya tidak terlalu renyah.

Tidak sulit kan membuat bawang goreng yang renyahnya tahan lama? Menemukan jenis bawang merah Sumenep atau Brebes pun mudah di pasaran. Goreng dengan cara di atas lalu jangan lupa simpan dalam wadah kedap udara setelah mendingin.

 

Redaksi

Lebih baru Lebih lama