Makanan berbuka puasa. (foto : zakat)

Medan.top – Sah, kita semua sudah menjalankan ibadah puasa. Biasanya, bagi para ibu rumah tangga, persiapan yang paling diperhatikan adalah persediaan dapur. Sebab persediaan dapur adalah amunisi penting untuk makan sahur dan berbuka.

Sebagai persiapan di bulan Ramadan, persediaan makanan yang wajib tersedia adalah makanan yang praktis serta memiliki kandungan nutrisi yang mencukupi kebutuhan harian. Hal ini penting mengingat ada batas waktu untuk sahur.

Sehingga, makanan yang praktis untuk bisa dikonsumsi akan sangat memudahkan. Walaupun praktis, penting juga untuk memerhatikan kandungan nutrisi agar tubuh tidak kekurangan energi atau nutrisi.

Berikut beberapa list persediaan makanan yang perlu dipersiapkan saat sahur dan berbuka nanti. Makanan-makanan ini dinilai praktis dan sehat.  

1.   1. Kurma



Kurma menjadi persediaan makanan wajib yang harus ada selama bulan Ramadan. Memang kurma memiliki keutamaan sebagai salah satu sunah Rasulullah SAW saat berpuasa. Selain itu, kurma juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, mengonsumai kurma membuat tubuh tidak mudah merasa lapar dan lemas saat menjalankan ibadah puasa. Bahkan, walau hanya tiga butir kurma, tubuh tetap berenergi saat menjalani aktivitas selama berpuasa.


2. Abon



Makanan yang satu ini sering jadi pilihan favorit saat tidak sempat untuk masak. Abon merupakan salah satu makanan penyelamat saat sahur. Sebab, makanan ini memiliki daya tahan penyimpanan yang cukup lama. Saat sahur, Mama bisa langsung menaburkannya ke atas nasi. Sehingga menu makanan ini sering menjadi sajian praktis selama bulan Ramadan.


3. Kentang Tempe Kering



Serupa dengan abon, kering kentang tempe juga merupakan salah satu persediaan makanan yang sangat praktis. Daya simpan makanan ini juga cukup lama. Bahkan, kering kentang bisa disimpan di suhu ruang.

Biasanya, menu ini sebagai pendamping nasi. Namun, boleh juga menambahkan juga sayur untuk melengkapi nilai nutrisi menu sahur dan berbuka agar tidak kekurangan gizi selama bulan Ramadan.


4. Telur



Hampir tidak ada yang bisa menyangkal kalau telur adalah makanan yang memiliki kepraktisan dalam pemasakan. Meskipun demikian, rasa telur akan tetap lezat walaupun hanya dimasak secara sederhana. Terlalu sulit untuk gagal memasak telur.

Telur bisa dimasak dengan cara diceplok, didadar, direbus, ataupun diorak-arik. Dengan atau tanpa garam dan bumbu, telur sudah bisa menjadi santapan lezat untuk sahur dan berbuka puasa. Sangat praktis dan tetap sehat kan, Ma?


5. Frozen Food



Jangan lupa juga untuk menyediakan frozen food sebagai persediaan sebelum Ramadan. Sebab, makanan yang satu ini akan sangat membantu untuk menyiapkan menu berbuka puasa, apalagi sahur.

Saat ini banyak penjual frozen food rumahan yang lebih sehat. Tanpa penyedap, pengawet, pewarna, hingga pemanis buatan. Sehingga mengonsumsi frozen food menjadi tetap sehat dan aman.


6. Rolled Oat



Rolled oat adalah makanan yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi rolled oat mampu menahan rasa lapar yang cukup lama. Sehingga, makanan ini sangat perlu ada sebagai persediaan makanan sebelum Ramadan tiba. Apalagi pengolahannya cepat dan praktis. Tidak seperti nasi yang membutuhkan setidaknya 30 menit untuk memasaknya.


7. Buah-buahan



Tak boleh ketinggalan untuk menyediakan buah-buahan sebagai persediaan makanan di bulan Ramadan nanti.

Buah memiliki beragam kandungan nutrisi yang akan membantu tubuh untuk tetap berenergi selama menjalani puasa. Di samping itu, buah juga bisa menjadi santapan yang sangat praktis saat sahur nanti.

Penting untuk memiliki persediaan sebelum Ramadan agar lebih memudahkan dalam menyiapkan makanan, terutama pada saat sahur. Sebab, sahur memiliki waktu yang terbatas untuk masak dan makan. Persediaan makanan ini akan membuat sahur dan berbuka menjadi lebih praktis dan tetap sehat.

Redaksi

Lebih baru Lebih lama