ilustrasi 20 tahun.

 

Medan.top - Memasuki usia 20 tahun, masalah kehidupan akan semakin kompleks. Umumnya pada umur 20 tahun. Manusia menghadapi masa quarter life crisis yaitu masa dengan perasaan tidak memiliki arah, khawatir, bingung, galau akan ketidakpastian hidup di masa mendatang.

Untuk itu pula diperlukan persiapan yang matang. Agar saat memasuki umur 20 tahun atau bagi mereka yang sedang berada di usia 20 tahun tidak salah langkah. Sehingga menyesal di kemudian hari. Beberapa hal berikut cara untuk menghadapi umur 20 tahun, yakni:

Miliki Hobi Spesial

[caption id="attachment_9684" align="alignnone" width="780"]usia 20 tahun ilustrasi hobi[/caption]

Setiap orang memiliki hobi, namun saat berusia 20 tahun, sebaiknya miliki hobi yang bisa menghasilkan cuan atau sumber penghasilan. Hobi ini nantinya bisa menjadi alternatif untuk menghasilkan uang. Siapa tahu jika perusahaan tempat kita bekerja mengalami bangkrut atau musibah lain yang tidak terduga. Sehingga kita perlu alternatif untuk menghasilkan uang.

Banyak sekali hobi yang bisa menghasilkan uang seperti bernyanyi, bermain musik, menjadi content creator dan lainnya. Dengan begitu, penghasilan yang kita dapatkan tidak hanya dari satu sumber saja.

Berinvestasi Kesehatan

Ini adalah yang paling penting. Sebagai anak muda kita harus menginvestasikan kesehatan kita untuk masa tua. Agar kelak tidak menyusahkan orang lain. Menjaga kesehatan bisa dimulai dengan cukup tidur, olahraga teratur, makanan sehat dan bergizi, dan selalu berpikir positif. Membiasakan hidup sehat sejak dini akan bermanfaat di masa tua.

Mulailah Menabung atau Berinvestasi

Tidak pernah ada yang tahu apa yang terjadi di kemudian hari. Dengan menabung atau berinvestasi kita bisa menghadapi hal-hal tidak terduga. Sebulah seperti bencana alam, perampokan, sakit ataupun masa-masa pandemi seperti saat ini. Dengan adanya tabungan atau dana darurat kita bisa tetap bertahan hidup, meskipun di kondisi yang tidak cukup stabil.

Merawat Diri dan Penampilan

Umur 20 tahun merupakan usia orang dewasa. Sangat perlu bagi kita untuk memperhatikan penampilan diri agar mendapatkan first impression yang baik dari orang lain. Mengingat banyaknya orang-orang dengan berbagai latar belakang yang akan dihadapi. Penampilan menarik tentu akan membuat kita lebih percaya diri, dan mudah diterima oleh orang lain.

Membangun Mental

Jangan abaikan membangun mental yang baik saat berusia 20 tahun. Kita harus open mind, bersikap yang baik agar komunikasi berjalan dengan lancar. Membangun mental bisa dimulai dengan mencari lingkungan atau lingkaran pertemanan yang positif. Mengonsumsi hal-hal baik seperti banyak menonton video motivasi, mendengarkan ceramah atau membaca buku pengembangan diri.

Hidup hanya sekali, jangan sia-siakan.

 

Redaksi

Lebih baru Lebih lama