Sumber : Kumparan


Medan.top
– Ada beragam masalah kulit yang dapat dialami oleh ibu hamil. Selain stretch mark, masalah jerawat juga kerap dikeluhkan. Munculnya jerawat saat hamil, tentu bisa bikin kita tidak percaya diri. Tapi jangan khawatir, karena kondisi ini dapat diatasi dengan berbagai perawatan, termasuk perawatan sederhana dengan mamanfaatkan bahan alami seperti madu.

Munculnya jerawat saat hamil bisa disebabkan oleh banyak hal, namun peningkatan kadar hormone androgen menjadi pemicu utamanya. Pasalnya, hormon ini dapat merangsang kulit untuk memproduksi minyak berlebih yang disebut sebum. Kulit yang mengandung terlalu banyak sebum biasanya akan mudah berjerawat dan berkomedo. Berikut beberapa cara mudah dan aman mengatasi jerawat saat hamil.

Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil

1. Cuci wajah secara teratur dengan pembersih ringan

cara mengatasi jerawat saat hamil dengan rutin mencuci wajah Sumber : Okezone Lifestyle

Cara mengatasi jerawat saat hamil bisa dengan mencuci wajah secara teratur dengan pembersih ringan. Mencuci wajah secara teratur dapat mencegah penumpukan sel kulit mati, minyak berlebih dan bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Cucilah wajah secara teratur dua kali sehari sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Hindari mencuci wajah terlalu sering, karena kebiasaan ini dapat membuat kulit menjadi kering dan merangsang kulit untuk memproduksi minyak berlebih. Akibatnya, jerawat jadi mudah muncul.

Saat mencuci wajah, Gunakan pembersih ringan yang bebas alkohol, pewarna dan pewangi, serta tidak mengandung asam salisilat.

2. Oleskan madu pada jerawat

cara mengatasi jerawat saat hamil dengan madu Sumber : merdeka.com

Madu dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, salah satu manfaatnya bisa mengatasi  jerawat secara aman dan ampuh. Di dalam madu terdapat zat antiseptik dan antibakteri yang baik untuk menyembuhkan dan mencegah jerawat untuk muncul.

Untuk merasakan manfaat yang satu ini, bumil bisa mengoleskan langsung madu asli pada area kulit yang berjerawat. Sebelum mengoleskan pastikan jika wajah sudah dibersihkan terlebih dulu. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.  Lakukan cara ini secara rutin satu atau dua kali sehari jika jerawat yang dialami lumayan parah.

3. Gunakan produk bebas minyak atau noncomedogenic

Sumber : SehatQ

Untuk mengurangi risiko munculnya jerawat, bumil disarankan untuk menggunakan produk skincare yang sudah BPOM dan berlabel "noncomedogenic" atau "nonacnegenic". Label ini menunjukkan bahwa produk tersebut tidak menyebabkan jerawat atau penyumbatan pori.

Selain noncomedogenic, sebaiknya pilih juga produk yang tidak mengandung alkohol dan parfum. Karena produk tersebut biasanya lebih aman bila digunakan untuk ibu hamil.

4. Menjaga kebersihan

Sumber : Alodokter

Untuk mencegah dan mengatasi jerawat penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan. Ganti sarung bantal secara teratur untuk menghindari kuman menempel di kulit wajah. Kemudian, jaga kebersihan rambut dengan mencucinya secara teratur agar bagian rambut yang mengenai wajah bebas dari minyak.

Selain itu, kurangi penggunaan telepon atau ponsel hingga menempel ke wajah saat menelepon. Lebih baik gunakan earphone saja.

 

 Penulis : Osi

Lebih baru Lebih lama