Sumber : RoomMe


Medan.top
– Lemak merupakan salah satu makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh selain protein dan karbohidrat. Lemak dibedakan menjadi dua, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Kali ini kita membahas tentang lemak nabati. Apa itu lemak nabati?, lemak nabati adalah lemak baik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ada banyak manfaat lemak nabati bagi kesehatan tubuh, salah satunya mampu menurunkan kadar kolesterol.

Lemak nabati berbeda dengan lemak jenuh, yang jusru dapat berkontribusi meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam darah dan memicu munculnya berbagai penyakit dalam tubuh. Sumber lemak nabati dalam bentuk makanan dan minyak bisa ditemui pada buah alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa, hingga minyak kacang tanah.

Baik lemak nabati maupun lemak hewani, keduanya dapat mengandung bentuk lemak yang berbeda yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan sejumlah lemak trans. Berikut enam manfaat lemak nabati untuk kesehatan tubuh yang dapat kamu ketahui.

Manfaat Lemak Nabati untuk Kesehatan Tubuh

1. Dapat melindungi jantung

Manfaat lemak nabati yang disebutkan pertama dapat melindungi kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi lemak tak jenuh nabati mampu membantu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Cara lemak nabati melindungi jantung adalah dengan kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol yang menumpuk dapat membentuk plak yang akan menyumbat pembuluh darah. Kondisi ini bisa memicu berbagai penyakit kardiovaskular seperti stroke dan gangguan jantung.

2. Menurunkan risiko kanker

Manfaat lemak nabati juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker loh. Sebuah penelitian menunjukkan penggunaan lemak nabati seperti minyak zaitun dan minyak nabati lainnya terbukti bisa mengurangi risiko berkembangnya kanker payudara.

Selain mencegah berkembangnya kanker payudara, lemak nabati juga bisa mencegah perkembangan kanker prostat. Hal itu dipercaya karena lemak nabati bisa meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, serta mengurangi insulin dan peradangan.

3. Membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh

Salah satu fungsi lemak dalam tubuh dapat membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama jenis vitamin. Vitamin A, D, E, dan K adalah jenis vitamin larut lemak. Apabila asupan lemak tidak terpenuhi, maka penyerapan berbagai vitamin tersebut juga akan terhambat. Vitamin dan lemak ini bisa saja dikonsumsi terpisah, tapi akan lebih baik lagi jika berasal dari sumber makanan yang sama agar penyerapannya lebih optimal.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Asupan lemak nabati, khususnya minyak zaitun, mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dipercaya karena kandungan senyawa fenolik yang ada didalam minyak zaitun. Senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan,  dan antikoagulan yang membuatnya mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Menjaga sistem imun

Lemak nabati juga dapat menjaga sistem imun. Tubuh memiliki pertahanannya sendiri untuk melawan organisme berbahaya yang berusaha menyerang tubuh. Salah satu cara menjaga sistem imun adalah dengan cara memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk kebutuhan lemak baik yang bisa didapatkan dari lemak nabati.

6. Baik untuk pertumbuhan

Asam lemak omega-3 dan omega-6 sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama pada masa pertumbuhan. Kedua asam lemak ini tidak diproduksi secara alami oleh tubuh manusia sehingga salah satu cara untuk memenuhi kebutuhannya adalah dengan rutin mengonsumsi makanan tinggi asam lemak. Salah satu sumber yang menyediakan asam lemak ini yaitu lemak nabati.

Penulis : Osi

Lebih baru Lebih lama